Basuki Nugroho, 090214861 M
(2004)
Analisis Segmentasi Manfaat Yang Di Cari Pada Pemasaran Produk Minyak Pelumas Mesin Sepeda Motor Di Jombang.
Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Perubahan dinamika dunia pemasaran telah mengalami perubahan paradigma dari pemasaran massal ke pemasaran sasaran yang mengharuskan lebih memfokuskan pada pelanggan yang teridentifikasi dalam menawarkan produknya pada sasaran-sasaran tertentu. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui segmentasi pasar produk minyak pelumas mesin sepeda motor berdasarkan manfaat yang dicari oleh konsumen. Sampel diambil dengan kuesioner terhadap 250 responden di Jombang. Pemecahan masalah menggunakan Analisis Multivariate yaitu Analisis Kluster dengan teknik Nonhierarchical kluster (K-Means Cluster) dan Multidimensinal Scaling (MDS). Penelitian pendahuluan melibatkan 30 responden, uji validitas dengan rumns product moment memakai teknik analisis butir soal, diperoleh hasil semua butir valid untuk penelitian segmentasi manfaat yang dicari konsumen. Hasil uji reliabilitas internal dengan rumus Alpha Cronbach, menunjukkan bahwa kuesioner tersebut reliabel. Pada penelitian segmentasi menghasilkan variabel manfaat memperpanjang umur mesin muncul sebagai segmen yang terbesar dengan nilai F pada output tabel Anova 102.129, disusul variabel manfaat tahan pada putaran/kecepatan tinggi dan ketiga variabel menambah tarikan mesin lebih ringan. Komposisi demografi segmen ternyata mayoritas pria berusia muda, berprofesi sebagai pelajar/mahasiswa. Hasil penelitian dibidang segmentasi pasar dan pemetaan persepsi konsurnen akan sangat bermanfaat bagi pihak manajemen untuk mempertahankan dan mengembangkan pasar sasaran yang sudah dikuasainya.</description
Actions (login required)
|
View Item |