Faktor-faktor konflik dan dampaknya terhadap kinerja: Studi kasus pada unit unit kerja di kantor pelayanan bea dan cukai tipe A Khusus Tanjung Perak Surabaya

Sulaiman, 0903106221 (2005) Faktor-faktor konflik dan dampaknya terhadap kinerja: Studi kasus pada unit unit kerja di kantor pelayanan bea dan cukai tipe A Khusus Tanjung Perak Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-sulaiman-471-tps.45_05 ABSTRAK.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
35546.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan yang sering muncul dalam kerjasama tim/ unit dalam suatu organisasi adalah konflik yang tim/ unitbul dalam tim/ unit kerja. Konflik dapat merupakan masalah serius dalam organisasi dimana konflik dapat mempengaruhi kinerja tim/ unit secara keseluruhan. Untuk mencapai tingkat kinerja yang diinginkan maka perlu diketahui sampai sejauh mana tingkat konflik yang terjadi dalam organisasi agar sebuah organisasi dapat mencapai kinerja yang optim/ unital dan perlu diketahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi secara signifikan dari konflik yang ada di suatu organisasi. Penelitian ini melakukan dua studi. Pertama, yaitu menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat konflik intra tim/ unit kerja yang diindikasikan oleh faktor komunikasi, struktur tim/ unit kerja, dan nilai pribadi. Kedua, yaitu menganalisis pengaruh tingkat konflik terhadap kinerja tim/ unit. Penelitian ini dilakukan pada Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Tipe A Khusus Tanjung Perak Surabaya dengan menggunakan sampel sejumlah 37 tim/ unit kerja dari 41 tim/ unit kerja yang terdapat pada instansi tersebut. Model analisis yang digunakan untuk mendukung studi pertama adalah model regresi linear berganda, sedangkan untuk studi kedua dengan menggunakan model regresi non linear. Hasil penelitian untuk studi pertama berdasarkan hasil uji t dan uji F, disimpulkan bahwa semua faktor yang digunakan berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap tingkat konflik intra tim/ unit kerja karena memiliki significant t (probability:p) < = 0,05; sehingga disimpulkan bahwa hipotesis H0 ditolak dan menerima hipotesis alternatif HI dengan koefisien determinasi (R Square) = 71,0%. Sedangkan hasil penelitian untuk studi kedua berdasarkan hasil uji F, diperoleh nilai F hitung sebesar 3,5554 dengan signifikansi F 0,0426 < = 0,05 sehingga model regresi non linear yang diperoleh dapat dipakai untuk memprediksi tingkat kinerja tim/ unit.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS.45/05 Sul f
Uncontrolled Keywords: SOCIAL CONFLICT; PERFORMANCE STANDARDS
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia
Creators:
CreatorsNIM
Sulaiman, 0903106221UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDIAN EKOWATI, SE MSi., M.App. M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 09 Jan 2019 06:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35546
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item