UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PELAYANAN KAMAR OPERASI DENGAN PENERAPAN BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) JASA DI INSTALASI KAMAR OPERASI RSUD. PROF. dr. SOEKANDAR KABUPATEN MOJOKERTO

Noer Windijantoro, 090110245 (2005) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PELAYANAN KAMAR OPERASI DENGAN PENERAPAN BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) JASA DI INSTALASI KAMAR OPERASI RSUD. PROF. dr. SOEKANDAR KABUPATEN MOJOKERTO. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-windijanto-460-tka13-06 ABSTRAK.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
35547.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pembedahan bulan Nopember 1994 Instalasi kamar operasi tersebut merupakan salahInstalasi kamar operasi pada RSUD. Prof Dr. Soceandar mulai melakukan kegiatan p satu revenue centre, sehingga diharapkan mampu untuk memberikan kontribusi fmansial. Instalasi kamar operasi RSUD. Prof. Dr. Soekandar memiliki satu buah ruang pembedahan yang dilengkapi dengan beberapa fasilitas sesuai kebutuhan untuk kegiatan pemberian tindakan pembedahan besar, sedang, dan kecil. Penelitian ini dilakukan karena didapatkan masalah yaitu tingginya jumlah pasien yang tidak terlayani untuk dilakukan tindakan pembedahan pada kurun waktu tahun 2002, yaitu 16,87% pasien pembedahan. Berdasarkan hasil dari survey awal, peneliti mencoba untuk menganalisa dengan memakai penerapan bauran pemasaran melalui tujuh faktor (produk, price, promos place, proses, people dan customer service) yang mempengaruhi kemampuan pelayanan kamar operasi berdasarkan penilaian pasien, dokter dan perawat RSUD. Prof Dr. Soekandar Kabupaten Mojokerto. Tujuan penelitian yaitu menyusun upaya peningkatan kemampuan pelayanan kamar operasi dengan penerapan bauran pemasaran (marketing mix) di instalasi kamar operasi RSUD. Prof Dr. Soekandar Kabupaten Mojokerto. Rancangan penelitian adalah penelitian deskriptif (Imantitatit) yang mempakan penelitian pemasaran yang dilaksanakan selama satu bulan mulai Juni sampai dengan Juli 2004. Lokasi penelitian di RSUD Prof. Dr. Soekandar Kabupaten Mojokerto. Sampel diambil secara random sampling. Besamya sampel pasien yang memanfaatkan kamar operasi, terdiri dari pasien yang terlayani dan tidak terlayani sebanyak 59 orang, dokter (mum dan spesialis) sebanyak 20 orang dan perawat bagian OK dan bagian kandungan, bedah serta bagian UGD sebanyak 30 prang. Variabel penelitian yaitu variabel produk, price, promosi, place, proses, people, dan customer service (bauran pemasaran) diamati untuk menganalisis pengaruh tingkat kepuasan pelayanan kamar operasi pada pasien, dokter dan perawat. Kemudian Diagram Cartesius untuk mengetahui posisi variabel pada kuadran yang ada. Hasil penelitian terhadap pasien, dokter dan perawat sebagai berikut: 1. Faktor produk, price, promosi, place, proses, people, dan customer service pada bauran pemasaran yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelayanan kamar operasi berdasarkan penilaian pasien, rata-rata kurang memuaskan (gap 0 sampai -0,5). 2. Faktor produk, price, promosi, place, proses, people, dan customer service pada bauran pemasaran yang mempengamhi tingkat kepuasan pelayanan kamar operasi berdasarkan penilaian dokter, rata-rata sangat tidak memuaskan, (gap > -1). 3. Faktor produk, price, promosi, place, proses, people, dan customer service pada bauran pemasaran yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelayanan kamar operasi berdasarkan penitaian perawat rata-rata sangat tidak memuaskan, (gap > -1). 4. Berdasarkan Diagram Cartesius yang termasuk direkomendasikan untuk prioritas utama adalah yang berada dalam kuadran II (prioritas utama perbaikan pelayanan), yaitu: a. Pasien : Ketepatan waktu tindakan operasi, kemudahan untuk melakukan persiapan tindakan pembedahan, kelengkapan informasi setelah mendapatkan tindakan operasi, kemudahan mencapai lokasi rumah sakit, kelengkapan jenis tindakan yang tersedia, kesesuaian tarif yang diberikan, kemudahan cam pembayaran, keramahan pars petugas, kecepatan petugas dalam merespon kebutuhan. b. Dokter: Jumlah danjenis tindakan kebutuhan, tarifpembedahan terhadap tindakan yang dilakukan, pelaksanaan promosi kamar operasi, antar jemput pasien dengan ambulance, pelayanan front office, dan local area network c. Perawat : Jadual dinas di kamar operasi, koordinasi antar unit dalam membantu proses pemberian tindakan pembedahan, adanya sertifikat pelatihan sebagai perawat kamar operasi, kamar operasi sesuai standar, jasa keperawatan terhadap tindakan yang dilakukan dan pelaksanaan promosi kamar operasi. Hasil penelitian mengenai Diagram Cartesius untuk pasien, dokter dan perawat diprioritaskan untuk kuadran II sebagai dasar isu strategi yang selanjutnya dibawa dalam Forum FGD bersama dengan manajemen RSUD. Prof Dr. Soekandar untuk memperoleh masukan tentang isu strategi sebagai upaya penyelesaian masalah tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini tujuh faktor bauran pemasaran yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelayanan kamar operasi untuk pasien rata-rata kurang memuaskan, dokter rata-rata sangat tidak memuaskan dan perawat rata-rata sangat tidak memuaskan. Sedangkan pada Diagram Cartesius yang dimasukkan adalah posisi kuadran II sebagai prioritas utama untuk perbaikan pelayanan sebagai dasar isu strategi. Upaya-upaya yang alum dilakukan adalah pembenahan mengenai mctode, fasilitas, sumber daya manusia dan ilmu pcngetahuan

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 13/06 Win u
Uncontrolled Keywords: OPERATING ROOMS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
Noer Windijantoro, 090110245UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWidodo J. Pudjiaraharjo, dr., MS., MPH., Dr. PH.UNSPECIFIED
Thesis advisorPribadiyono, Ir.,Mse.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 15 Jun 2017 18:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35547
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item