ALAN PURWANDIARTO, 090310639 L
(2005)
PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI SINDER KEBUN DESA TERHADAP TARGET PERUSAHAAN.
Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Pembangunan di bidang perkebunan sebagai bagian dari pembangunan ekonomi adalah pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan yang diarahkan pada perkembangan komoditi dan ketrampilan yang maju, tangguh, efisien dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hasil produksi serta meningkatkan pendapatan dan taraf hidup petani. Berkaitan dengan perkebunan tebu yang merupakan sub sektor dari sektor pembangunan perkebunan, telah dilakukan berbagai upaya oleh Pemerintah untuk meningkatkan produktifitas gula melalui pemberdayaan seluruh stakeholder yaitu petani, pabrik gula, lembaga peneliti dan industri terkait. Penelitian penjelasan dengan menggunakan tehnik analisis metode kuantitatif ini mengambil obyek penelitian pada kompetensi dan motivasi Sinder Kebun Desa terhadap target perusahaan di Parik Gula Krembong. Sedangkan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah, diduga bahwa faktor kompetensi dan motivasi Sinder Kebun Desa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap target perusahaan di Pabrik Gula Krembong Populasi dalam penelitian ini adalah para sinder kebun desa di wilayah pabrik gula Krembong yang berjumlah 55 orang. Karena jumlah populasi tidak terlalu besar maka jumlah sampel sama dengan populasi yaitu 55 orang. Sedangkan teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan motivasi sinder kebun desa terhadap target perusahaan menggunakan uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa variabel tingkat kompetensi dan variabel motivasi sinder kebun desa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap target perusahaan secara bersama-sama. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Adapun kontribusi kedua variabel bebas yaitu kompetensi dan motivasi sinder kebun desa terhadap target perusahaan secara bersama-sama dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi (R2) yang menunjukkan angka 0,784 atau dengan kata lain kontribusinya sebesar 78,4 %. Sedangkan 21,6 % perubahan target perusahaan disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Actions (login required)
|
View Item |