STUDI INTERPRETIF TERHADAP PERKEMBANGAN KONSEP BIROKRASI DAN PERKEMBANGAN PARADIGMA MANAGEMENT CONTROL DALAM KERANGKA TEORI KRITIK

IKA ATMA KURNIAWANTI, 099812972 (2002) STUDI INTERPRETIF TERHADAP PERKEMBANGAN KONSEP BIROKRASI DAN PERKEMBANGAN PARADIGMA MANAGEMENT CONTROL DALAM KERANGKA TEORI KRITIK. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-kurniawant-533-te1506-k.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Halaman Depan)
35616a_Part1.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
35616a_Part2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext2)
35616a_Part3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lampiran)
35616a_Part4.pdf

Download (119kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah terdapat pernyataan dalam literatur- literatur ilmu pengetahuan, tentang kemungkinan dan tendensi penetrasi nilai-nilai dan kepercayaan tertentu. Nilai-nilai dan kepercayaan ini membentuk dan mengembangkan seperangkat rerangka kerja yang mendasari berbagai bentuk perilaku. Dengan menggunakan preposisi tersebut, tesis ini berusaha untuk berpendapat dan membuktikan bahwa konsep birokrasi dan paradigma management control dalam perkembangannya ditopang secara ideologis oleh nilai-nilai tertentu yang terkait erat dengan Kapitalisme. Thesis ini berusaha mengintepretasikan pengaruh perkembangan konsep birokrasi terhadap perkembangan paradigma management control dalam skema Teori Kritik. Metode penelitian yang digunakan dalam observasi adalah metode kualitatif, dimana sebagian besar bukti dan dokumen diperoleh melalui studi eksplorasi literatur. Namun berbeda dengan metode kualitatif pada umumnya yang menggunakan paradigma Naturalistik, metode ini mendasarkan diri pada paradigma Teori Kritik; pengembangan alternatif paradigma penelitian yang diturunkan dari filsafat Marxisme yang mengadopsi pendekatan humanis sosiologis untuk merefleksikan realitas dan mengemansipasikan bentuk-bentuk dominasi. Di dalam riset, paradigma ini diterapkan sebagai skema interpretif untuk mengartikan dan menjelaskan perkembangan konsep birokrasi dan perkembangan paradigma management control serta pengaruh perkembangan konsep birokrasi terhadap paradigma management control. Isi penelitian dilaporkan dalam teknik deskriptif argumentatif untuk merepresentasikan seluruh hasil interpretasi yang telah dilakukan. Interpretasi untuk mengetahui pengaruh perkembangan konsep birokrasi terhadap perkembangan paradigma management control diawali dengan menginterpretasikan terlebih dahulu perkembangan dari masing-masing konsep birokrasi dan paradigma management control dalam kerangka Teori Kritik melalui karakteristik-karakteristik tertentu, lalu mencari pertautan argumentasi logis antara keduanya. Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan dan hipotesis bahwa Perkembangan konsep birokrasi mempengaruhi mekanisme dan bentuk pergeseran paradigma management control. Konsep birokrasi merupakan dasar epistemologis yang memuat nilai dan menentukan secara deterministis model-model management control sebagai salah satu unsur vital eksistensi birokrasi itu sendiri. Konsep birokrasi yang memuat nilai akan menentukan, atau merupakan basis nilai dari tegaknva model-model paradigma management control. Namun hubungan ini bukanlah suatu koneksitas yang linear yang memiliki hukum-hukum konsisten sebagaimana ilmu pengetahuan alam dan tidak dapat dipandang secara positivistis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 15/06 Kur s
Uncontrolled Keywords: MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
IKA ATMA KURNIAWANTI, 099812972UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. Muslich Anshori, Dr.,SE.,M.Sc.,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 19 Jun 2017 17:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35616
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item