PERBANDINGAN KADAR Pb, Hb, FUNGSI HATI,FUNGSI GINJAL PADA KARYAWAN BTKL SURABAYA BAGIAN SAMPLING DAN NON SAMPLING (Suatu Kajian Dibidang Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja)

Noery Aminah (2004) PERBANDINGAN KADAR Pb, Hb, FUNGSI HATI,FUNGSI GINJAL PADA KARYAWAN BTKL SURABAYA BAGIAN SAMPLING DAN NON SAMPLING (Suatu Kajian Dibidang Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pb dapat ditemukan di udara sebagai akibat dari bahan bakar yang mengandung TEL (bensin yang mengandung Timah hitam) pada mesin pembakar internal. Beberapa studi tentang toxicitas timah hitam pada anak-anak menunjukkan bahwa kadar Pb darah 100 μg/I dianggap sebagai kadar dimana upaya pengendalian yang spesifik perlu dilakukan, sedangkan pada kadar Pb darah yang lebih tinggi (450 µg/I) perlu segera dilakukan perawatan media dalam waktu 48 jam. Kadar Pb darah lebih dari 700 ggll merupakan keadaan darurat medik. Pemajanan timah hitam dalam waktu yang lama dan pada kadar yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal, anemia, encephalopathy, perubahan perilaku (gangguan psikologik), kelainan syaraf tepi dan mempengaruhi sistem reproduksi. Orang dewasa dapat menyerap timah hitam sebanyak 30 ± 10 % bila terhirup dan 5-10% timah hitam bila tertelan. Tidak seperti logam Pb, Pb organic seperti TEL atau TML dapat diserap melalui kulit yang utuh. Penelitian causal comparatif ini bertujuan untuk meneliti lebih lanjut tentang pengaruh polutan timah hitam di udara terhadap karyawan sampling BTKL yang melakukan pemantauan udara secara rutin dan berkala. Pengaruh ini dapat diamati melalui pengukuran kadar Pb dan Hb darah juga fungsi hati dan ginjal. Kadar Pb dan Hb darah, fungsi hati dan ginjal dari 20 karyawan sampling dibandingkan dengan karyawan non sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kadar Pb dan Hb darah, fungsi hati (SGOT, SGPT) dan ginjal (BUN, Serum Creatinin, Uric acid) dari semua karyawan sampling dan non sampling masih dibawah harga normal yang dianjurkan. Namun, terdapat perbedaan yang bermakna (p < 0,05) antara kadar Pb darah pada 2 kelompok, dan karyawan sampling memiliki kadar Pb darah rata-rata lebih tinggi dari karyawan non sampling. Tidak terdapat perbedaan yang bermakna (p > 0,05) antara kadar Hb darah antara 2 kelompok. Karyawan non sampling memiliki kadar Hb darah rata-rata yang lebih rendah dari karyawan sampling. Hal ini dapat disebabkan karena sebagian besar karyawan non sampling berjenis kelamin perempuan (wanita) yang biasanya memiliki kadar Hb darah yang relatif lebih rendah. Hasil penelitian ini memberi informasi tentang pengaruh polutan timah hitam diudara terhadap kadar Pb darah karyawan sampling. Meskipun kadar tersebut dianggap tidak berpengaruh terhadap kesehatan disebabkan durasi pemajanan yang relatif singkat. Disarankan dilakukan penelitian lebib lanjut dengan masa kerja yang lebih lama (> 10 tahun). Semua karyawan sampling disarankan agar memakai alat pelindung pemafasan (mechanical filter respirator) selama jam kerja.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: TKA. 20/06 Ami p TIDAK ADA FILE
Uncontrolled Keywords: Blood lead and haemoglobin levels, liver and kidney functions.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
Noery AminahUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 10 Oct 2016 03:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35658
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item