EVALUASI PERUBAHAN BAURAN PEMASARAN PENERBITAN PERS UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS ORGANISASI (Studi Kasus Pada Penerbitan Pers Surat Kabar Harian Pagi Jawa Pos Surabaya)

Muhammad Mufti Mubarok, 099910111 (2003) EVALUASI PERUBAHAN BAURAN PEMASARAN PENERBITAN PERS UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS ORGANISASI (Studi Kasus Pada Penerbitan Pers Surat Kabar Harian Pagi Jawa Pos Surabaya). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-mubarokmuh-623-te_12-04 ABSTRAK.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
35707.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini untuk menganalisis apakah perubahan bauran pemasaran mampu meningkatkan efektifitas organisasi di PT Jawa Pos. Agar lebih terfokiis dan mendalam, maka penelitian ini ditekankan semua unsur bauran pemasaran yaitu produk, harga, distribusi dan promosi. Dalam penelitian ini, digunakan metode studi kasus eksploratoris yang mendasarkan pada teori Yin. Pendekatan ini digunakan untuk menganalisis fenomena yang dijadikan fokus penelitian. Agar hasil penelitian lebih valid, diperlukan banyak sumber bukti. Melalui pendekatan ini, penelitian dapat secara langsung melacak ke berbagai sumber bukti seperti wawancara, arsip, dokumen maupun dilakukan observasi secara langsung. Dalam penelitian ini digunakan proposisi penelitian untuk dikomparasikan dengan kroriologi peristiwa yang sedang menjadi fokus penelitian. Dengan cara mengkomparasikan antara proposisi dengan peristiwa kronologis yang terjadi di dalam perusahaan, maka dapat diperolah suatu hasil evaluasi, dari proses perubahan bauran pemasaran yang telah dilakukan. Secara ringkas, hasil penelitian tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Tekanan lingkungan organisasi yang mengakibatkan penurunan prestasi organisasi secara terus menerus mengharuskan PT Jawa Pos melakukan perubahan bauran pemasaran yang meliputi semua unsur dalam bauran pemasaran yaitu produk, harga, saluran distribusi dan promosi. Dengan melakukan perubahan tersebut PT Jawa Pos sedang berusaha meminimalisasi ketidakpastian usaha. 2. Proses perubahan bauran pemasaran pada PT Jawa Pos telah melibatkan unsur-unsur dominan dalam perusahaan sebagai agen dan pelaksana perubahan. Pelibatan unsur dominan dalam perusahaan sangat penting untuk bisa memberikan kemungkinan keberhasilan proses perubahan yang diperlukan untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Pelibatan unsur-unsur dalam PT Jawa Pos dilakukan melalui sosialisi yang intensif sehingga perubahan bauran pemasaran dapat terlaksana secara terencana, terarah sesuai dengan target yang ditetapkan. 3. Implementasi perubahan bauran pemasaran dilakukan dengan cara memperbanyak menggunakan forum resmi baik berupa rapat resmi perusahaan maupun forum-forum lain yang dibentuk untuk sosialisasi dan menampung berbagai pendapat dari karyawan manajemen maupun operasional. Di sini PT Jawa Pos lebih menempuh cara partisipatif dan persuatif. Pendekatan yang ditempuh PT Jawa Pos ini menjadikan proses perubahan bauran pemasaran menjadi berjalan sejalan dengan kondisi dan kultur karyawan PT Jawa Pos. Hal tersebut menjadikan tingkat konflik dapat dibatasi. 4. Proses perubahan bauran pemasaran PT Jawa Pos telah dilakukan secara tepat dengan melibatkan semua elemen-elemen bauran pemasaran, yaitu produk, harga, saluran distribusi dan promosi. Perubahan itu dilakukan dengan kerjasama yang sinergis antar departemen/divisi dalam perusahaan penerbitan pers. Dengan kerja sama yang sinergis antar departemen/divisi, efektifitas PT Jawa Pos bisa dicapai.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TPK
Uncontrolled Keywords: BAURAN PEMASARAN PENERBITAN PERS
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Mufti Mubarok, 099910111UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTjiptohadi Sawarjuwono, Drs. M.Ex.,Ph.D,.AKUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 Jun 2017 18:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35707
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item