PERSEPSI AUDITOR TENTANG PENGARUH FAKTOR FAKTOR KEAHLIAN DAN INDEPENDENSI TERHADAP KUALITAS AUDIT

Adi Purnomo, 090110208L (2005) PERSEPSI AUDITOR TENTANG PENGARUH FAKTOR FAKTOR KEAHLIAN DAN INDEPENDENSI TERHADAP KUALITAS AUDIT. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menurut Moizer (1986) pengukuran kualitas proses audit terpusat pada kinerja yang dilakukan auditor dan kepatuhan pada standar yang telah digariskan (Sutton, 1993:90). Berdasarkan lkatan Akuntan Indonesia (IAI) audit yang dilakukan auditor dikatakan berkualitas, jika memenuhi standar auditing dan standar pengendalian mutu. Sedangkan faktor-faktor keahlian dikembangkan menjadi pengalaman dan pengetahuan. Independensi dikembangkan menjadi lama ikatan dengan klien, tekanan dari klien dan pelaksanaan jasa lain dengan klien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi auditor mengenai pengaruh faktor-faktor keahlian dan independensi terhadap kualitas audit. Dihipotesiskan menurut persepsi auditor ada pengaruh positif pengalaman dan pengetahuan terhadap kualitas audit, dan ada pengaruh negatif lama ikatan dengan klien, tekanan dari klien, dan pelaksanaan jasa lain dengan klien terhadap kualitas audit. Data penelitian diperoleh melalui mail. survey kepada auditor yang berposisi pada junior auditor, senior auditor dan supervisor dari kantor akuntan publik, dan diperoleh data sebanyak 95 responden. Kuesioner dikirimkan ke masing-masing responden untuk memperoleh data dari variabel persepsi pengalaman, persepsi pengetahuan, persepsi lama ikatan dengan klien, persepsi tekanan dan klien, persepsi pelaksanaan jasa lain dengan klien, dan persepsi kualitas audit. Data dianalisis menggunakan teknik regresi berganda dengan program SPSS. Hasil analisis regresi berganda diperoleh p-value variabel persepsi pengalaman, variabel persepsi pengetahuan dan variabel persepsi tekanan dari klien 0,05. Sedangkan p-value variabel persepsi lama ikatan dengan klien dan variabel persepsi pelaksanaan jasa lain dengan klien > 0,05. Nilai ini menunjukkan bahwa menurut persepsi auditor pengalaman dan pengetahuan berpengaruh positif terhadap kualitas audit, tekanan dari klien berpengaruh negatif terhadap kualitas audit. Sedangkan lama ikatan dengan klien dan pelaksanaan jasa lain tidak berpengaruh negatif terhadap kualitas audit. Hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa menurut persepsi auditor faktor-faktor keahlian yaitu pengalaman dan pengetahuan berpengaruh terhadap kualitas audit. Sedangkan faktor-faldor independensi menurut persepsi auditor, hanya tekanan dari klien yang berpengaruh terhadap kualitas audit. Dua faktor independensi yang lain yaitu lama ikatan dengan klien dan pelaksanaan jasa lain dengan klien tidak berpengaruh terhadap kualitas audit. Penelitian ini mempunyai implikasi untuk penelitian yang akan datang, khususnya yang berhubungan dengan kualitas audit. Oleh karena itu saran penelitian diajukan untuk pengembangan dibidang yang sama.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 20/05 Pur p
Uncontrolled Keywords: Perception, audit quality, expertise, independence, experience, knowledge, tenure, pressure from client, non audit services performance.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Adi Purnomo, 090110208LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoetedjo, SoegengUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 2016
Last Modified: 01 Oct 2016 05:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35721
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item