STUDI TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KERJA PARA AKUNTAN DI KANTOR AKUNTAN PUBLIK DAN PENCARUHNYA TERHADAP KOMITMEN PADA ORGANISASI

Levina Chandra, 090210395L (2005) STUDI TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KERJA PARA AKUNTAN DI KANTOR AKUNTAN PUBLIK DAN PENCARUHNYA TERHADAP KOMITMEN PADA ORGANISASI. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan yang semakin ketat antar Kantor Akuntan Publik (KAP) menyebabkan masing-masing KAP berlomba-lomba untuk memuaskan klien dengan memberikan jasa layanan yang terbaik. Kualitas jasa layanan yang diberikan tersebut sangat tergantung pada kemampuan para staf professional akuntan yang bergabung dalam KAP tersebut. Dengan mempunyai dan mempertahankan para staf profesional yang memiliki pengetahuan spesialisasi dan pengalaman, hal tersebut dapat memberikan kontribusi bagi KAP dalam menghadapi persaingan dengan KAP lainnya. Sehingga, panting untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menciptakan suatu atmosfir yang ideal bagi para akuntan di KAP supaya mereka dapat bekerja dengan efisien dan merasa puas dengan pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris bahwa (1) evaluasi kinerja, feedback terhadap karir, dukungan untuk networking, kemudahan dalam mengakses informasi, pelatihan atas penggunaan sumber informasi yang ada, penggantian finansial atas akses yang dilakukan untuk memperoleh informasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja para akuntan di KAP, (2) kepuasan kerja para akuntan di KAP yang dipengaruhi oleh evaluasi kinerja, feedback terhadap karir, dukungan untuk networking, kemudahan dalam mengakses informasi, pelatihan alas penggunaan sumber informasi, penggantian finansial atas akses informasi berpengaruh signifikan terhadap komitmen pada organisasi. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para pimpinan KAP, agar dapat mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja para akuntan, dapat memahami apa saja yang menjadi kebutuhan mereka sebagai seorang profesional, sehingga dapat diambil langkah-langkah lanjutan yang dapat meningkatkan kinerja para akuntan itu sendiri. Untuk pengembangan keilmuan diharapkan bisa memperkaya pemahaman atas konsep kepuasan kerja dan komitmen pads organisasi. Bagi penelitian berikumya diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi penelitian akuntansi keperilakuan khususnya penelitian mengenai kepuasan kerja para akuntan dan pengaruhnya terhadap komitmen pada organisasi. Penelitian ini didesain dengan menggunakan metode survey dimana respondennya adalah para staf profesional yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP), dengan masa kerja > satu tahun, pendidikan minimum Si jurusan Akuntansi, dengan level slat; senior/supervisor dan manajer. KAP yang dimaksud adalah KAP dengan jumlah partner sama dengan dua orang atau lebih di wilayah Surabaya. Dua hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini masing-masing akan diuji dengan menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian hipotesis pertama yaitu evaluasi kinerja, feedback terhadap karir, dukungan untuk networking, kemudahan dalam mengakses informasi, pelatihan atas penggunaan sumber informasi yang ada, penggantian finansial atas akses yang dilakukan untuk memperoleh informasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja para akuntan di KAP. Model regresi yang dihasilkan mampu menjelaskan perubahan nilai dari variabel terikat sebesar 56,1% sedangkan sisanya yang sebesar 43,9% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar model yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara individual, feedback terhadap karir merupakan faktor yang memberikan pengaruh dorninan terhadap kepuasan kerja para akuntan di KAP dibandingkan kelima faktor lainnya, yaitu sebesar 36,6%. Hasil penelitian untuk hipotesis kedua, dengan signifikansi < 0,05 membuktikan bahwa kepuasan kerja para akuntan di KAP yang dipengaruhi oleh evaluasi kinerja, feedback terhadap karir, dukungan untuk networking, kemudahan dalam mengakses informasi, pelatihan atas penggunaan sumber informasi, penggantian finansial atas akses informasi berpengaruh signifikan terhadap komitmen pada organisasi. Model regresi yang dihasilkan mampu menjelaskan perubahan rilai dari variabel terikat sebesar 70%. Berarti komitmen pada organisasi dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar model yang tidak diteliti dalam penelitian ini yaitu sebesar 30%. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi para pimpinan KAP atau staf yang lebih senior untuk lebih memperhatikan faktor feedback terhadap karir. Baei peneliti berikutnya dapat menambahkan variabel-variabel lain yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja para akuntan di KAP. Selain itu, dapat juga melakukan uji beda atas kepuasan kerja para auditor, konsultan manajemen dan konsultan pajak. Jika dilakukan uji beda maka dapat diketahui Secara spesifik faktor-faktor apa saja yang paling berpengaruh bagi mereka masing-masing, dimana hasilnya bisa saja berbeda dan dapat diketahui tindakan-tindakan apa yang harus diambil untuk dapat meningkatkan kepuasan kerja para auditor, konsultan manajemen, konsultan pajak yang bekerja di KAP.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 18/05 Cha s
Uncontrolled Keywords: Job satisfaction, organizational commitment, accountants in public accounting firm
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Levina Chandra, 090210395LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Made Narsa, NIDN0027066503UNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 2016
Last Modified: 01 Oct 2016 05:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35724
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item