Sumarno, 090214666 M (2005) RELEVANSI ANTAR HAK DAN KEWAJIBAN, TANGGUNG JAWAB, DAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1, 2, DAN 3 TUBAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-sumarno-823-tps160-k.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2006-sumarno-823-tps1606.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Predikat guru merupakan sosok yang unik, disamping sebagai agen perubahan (Agent of change) juga tempat menaruh harapan bagi anak didik maupun orang tua dimasa depan. Sehingga tugas guru sangat mulia karena sebutan guru mengandung makna digugu dan ditiru (diturut dan diteladani) bahkan mendapat penghargaan dari masyarakat sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, sedangkan dari pemerintah secara yuridis formal menyediakan penghargaan kepada guru berupa Tanda Kehormatan Satya Lencana Pendidikan sebagimana diatur dalam PP No. 55 Tahun 2003. Oleh karena itulah pada diri guru terdapat tanggung jawab profesional dan tanggung jawab moral atau sosial. Dalam kenyataan masih ada sebagian guru (oknum) yang hak-haknya mendapat perlakuan kurang adil dari pihak tertentu, melanggar norma-norma di masyarakat, mengabaikan tanggung jawabnya, kewajibannya sehingga kinerjanya buruk, seperti mogok mengajar, turun ke jalan meninggalkan kelas dan apakah para guru ini juga memperoleh perlindungan hukum. Perlakuan demikian ini apakah tidak berimplikasi munculnya ketimpangan yang menyangkut hak, kewajiban, tanggung jawab, dan kinerja guru. Pada diri guru berhak memperoleh penghasilan, kesejahteraan, dan perlindungan hukum dan serta merta padanya melekat kewajiban-kewajiban baik internal maupun eksternal yang erat hubungannya dengan pencapaian kinerja. Dengan hak dan kewajiban itu otomatis melekat tanggung jawab baik profesional maupun moral atau sosial yang juga berimplikasi pads kinerja guru. Penelitian jenis eksplanatif dengan rancangan analitik kualitatif eksplanatif ini menggunakan pendekatan deskriptif Variabel penelitian diukur secara ordinal melalui angket dan membentuk data kategorik. Data ini selanjutnya diolah secara statistik non parametrik dan rancangan analisis hubungan antar variabel digunakan model Log linier Program SPSS. Pengkajian pola hubungan antar variabel hak & kewajiban (V1), tanggung jawab (V2), dan kinerja (V3) dilakukan secara deduksi dan induksi. Berdasarkan analisis secara statistik, khususnya model Log Linier dari 105 orang sampel untuk V 1*V3 diperoleh nilai LR Chi Squar sebesar 1,478 dengan signifikan 0,8205 yang artinya sifat hubungan antar variable kurang berarti. Sedangkan untuk V1*V2 diperoleh nilai LR Chi Squar sebesar 37,312 pada signifikan 0,000 yang bererati terdapat hubungan timbal batik. Selanjutnya untuk menguji V2"V3 diperoleh nilai LR Chi Squar sebesar 33,986 dengan signifikan 0,000 yang artinya ada hubungan timbal balik antar variabel. Dengan demikian hak dan kewajiban, dan tanggung jawab dapat dipertimbangkan sebagai altematif untuk meningkatkan kinerja guru dengan cara memperbaiki hak dan kewajiban atau mengembangkan tanggung jawab guru. Sangat disarankan kepada peneliti lain yang berminat pada bidang ini untuk mengkaji lebih mendalam dan melibatkan variabel atau sub variabel lain yang lebih lengkap sehingga diperoleh hasil penelitian yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Thesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TPS 16/06 Sum r | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Mutual relevance, right and duty, responsibility, and teacher's performance | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1603-1696.6 Secondary education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1705-2286 Education and training of teachers and administrators |
|||||||||
Divisions: | 09. Sekolah Pasca Sarjana > S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Nn Anisa Septiyo Ningtias | |||||||||
Date Deposited: | 2016 | |||||||||
Last Modified: | 12 Aug 2016 02:46 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35898 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |