BUDAYA POLITIK MAHASiSWA ETNIS TIONGHOA Studi tentang Pola Sikap dan Orientasi terhadap Obyek-Obyek Politik

Dandy P. Wirawan, 090315091 M (2005) BUDAYA POLITIK MAHASiSWA ETNIS TIONGHOA Studi tentang Pola Sikap dan Orientasi terhadap Obyek-Obyek Politik. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-wirawandan-1792-ts3006-b.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
36017.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Meningkatnya partisipasi warga etnis Tionghoa dalam kehidupan politik beberapa tahun terakhir telah memunculkan pertanyaan bagaimana sebenarnya budaya politik warga etnis Tionghoa umumnya dewasa ini terhadap politik? Apakah meningkatnya partisipasi politik dewasa ini telah menjadi fenomena umum di kalangan warga etnis Tionghoa umumnya, atau sekedar fenomena yang muncul di sebagian kecil saja dari warga etnis ini? Faktor-faktor apa yang menyebabkan atau mempengaruhi terbentuknya budaya politik mereka? Penelitian ini mencoba mencari jawab atas pertanyaan-pertanyaan itu dengan fokus permasalahan ditujukan pada kalangan mahasiswa etnis Tionghoa. Pertimbangannya, dengan mengetahui budaya politik mereka maka akan bisa diketahui bagaimana kira-kira dinamika politik warga etnis Tionghoa umumnya di masa datang, mengingat mahasiswa sebagai generasi muda terdidik umumnya memiliki sejumlah karakteristik seperti wawasan luas, mengalami sosialisasi politik lebih lama, lebih siap menerima perbedaan dan mengadopsi nilai-nilai baru, dan sebagainya sehingga lebih memungkinkan untuk mengambil peran penting dalam kehidupan Politik. Penelitian dirancang dalam bentuk eksploratif-deskriptif dengan latar penelitian kampus-kampus yang berlokasi di Surabaya. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu studi kasus dengan metode kualitatif, sehingga memungkinkan penelaahan permasalahan secara lebih komprehensif dan mendalam dengan menggunakan perspektif teoritik interaksionisme simbolik yang akan menuntun peneliti memahami pola sikap & orientasi politik ke 8 mahasiswa etnis Tionghoa yang terpilih secara purposive sesuai prinsip metode bola salju sebagai subyek dalam penelitian ini secara emik -- dari sudut pandang mereka sendiri. Hasilnya menunjukkan, dilihat dari pola sikap dan orientasi terhadap obyek-obyek politik seperti sistem politik secara keseluruhan, proses input, proses output dan kompetensi diri sebagai aktor yang memainkan peran dalam sistem politik, tampak bahwa mahasiswa etnis Tionghoa cenderung mengalami gejala alienasi politik. Mereka tidak terlalu antusias untuk ikut mengambil bagian dalam proses politik, meski kesempatan untuk itu sebenarnya telah terbuka sejak jatuhnya rejim Orba beberapa tahun lalu. Temuan di lapangan menunjukkan adanya kecenderungan kehati-hatian dalam melakukan kegiatan politik karena seiring meningkatnya kesadaran bahwa sebagai bagian dari sistem politik mereka harus lebih mengambil peran dalam proses politik, namun pada sisi lain mereka juga melihat bahwa mereka dihadapkan pada persoalan masih adanya "masalah Tionghoa" yang penyelesaiannya tidak bisa mereka lakukan sendiri -- karena juga menyangkut faktor penerimaan diri mereka sebagai bagian dari bangsa Indonesia. (dp)

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TS 30/06 Wir b
Uncontrolled Keywords: Political Culture, Ethnic, Chinese, Student, Attitude, Orientation, Political Participation, Political Object, Political System, Political Alienation.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV3176-3199 Special classes. By race or ethnic group
J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu ilmu Sosial
Creators:
CreatorsNIM
Dandy P. Wirawan, 090315091 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPriyatmoko, Drs.,MAUNSPECIFIED
Thesis advisorKris Nugroho, Drs.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 2016
Last Modified: 10 Jul 2017 16:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36017
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item