PENGARUH KOMUNIKASI EFEKTIF VERTIKAL HORISONTAL DAN MOTIVASI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI SEPULUH KANTOR CAMAT YANG MEMBUKA PELAYANAN ADMINISTRASI MALAM HARI DI KOTA SURABAYA

Denny Christupel T., 090310630 L (2005) PENGARUH KOMUNIKASI EFEKTIF VERTIKAL HORISONTAL DAN MOTIVASI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI SEPULUH KANTOR CAMAT YANG MEMBUKA PELAYANAN ADMINISTRASI MALAM HARI DI KOTA SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-dennychris-1879-kkbkk-2-k.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2006-dennychris-1879-tps520-p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan publik merupakan upaya yang terus digalakkan. Sebagai aparat pemerintah yang dekat dengan masyarakat kecamatan merupakan salah satu instansi yang banyak disorot. Jawa Timur sebagai pilot project dari upaya peningkatan kualitas pelayanan publik terus berbenah diri. Pelayanan publik sebenarnya bukan hal baru. Sejak instansi memberikan pelayanan pada masyarakat sejak itulah terdapat pelayanan publik. Namun dari tahun - tahun kinerja pelayanan publik belum pernah dieavaluasi. Salah satu yang membutuhkan untuk dilakukan evaluasi adalah kualitas pelayanan publik di Sepuluh Kantor Camat yang membuka praktek pelayanan malam hari. Pembukaan pelayanan di malam hari merupakan salah satu bentuk pelayanan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan surat - surat lainnya karena pada waktu pagi sampai sore hari masyarakat sedang sibuk bekerja. Komitmen baik ini tentunya harus terus dibenahi agar Jawa Timur dapat menjadi acuan bagi propinsi lain dalam hal pengembangan kualitas pelayanan publik Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh komunikasi efektif vertikal horisonal dan motivasi pegawai terhadap kualitas pelayanan publik di sepuluh kantor camat yang membuka pelayanan administrasi malam hari di kota Surabaya Penelitian dilakukan selama bulan Juni-Juli di sepuluh kantor camat yang membuka pelayanan administrasi malam hari. Sampel penelitian dibagi menjadi dua yaitu pegawai yang bertugas di loket kecamatan dan berjumlah 57. Sampel kedua adalah masyarakat yang dilayani oleh pegawai di loket tersebut. Masing – masing pegawai dinilai oleh 3 masyarakat, sehingga jumlah seluruh sampel masyarakat adalah 171. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh komunikasi efektif vertikal dan horisontal dan motivasi pegawai terhadap kualitas pelayanan publik di Sepuluh Kantor Camat yang membuka pelayanan publik pada malam hari. Besarnya kontribusi komunikasi efektif vertikal horisontal dan motivasi sebesar 27.7 % Hasil ini membuktikan bahwa dengan komunikasi efektif vertikal horisontal dan motivasi pegawai yang baik dapat meningkatkan mutu kualitas pelayanan publik yang dilakukan Kantor Camat di Surabaya. Rekomendasi yang dapat disarankan pada penelitian ini perlu dilakukan diklat teknis khusus untuk petugas loket. Terkait dengan upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dapat dilakukan juga dengan cara melakukan seleksi pada pegawai yang ada di loket, dan dipilih yang mempunyai karakter yang dapat melayani publik dengan baik, seperti ramah, murah senyum, lembut, berpenampilan menarik, sopan dan sebagainya. Di samping itu perlu dilakukan perampingan loket, untuk mengefektifkan pelaksanaan tugas. Hal ini bertujuan agar masyarakat lebih dimudahkan dalam pengurusan surat - surat sehingga lebih praktis, cepat, efektif dan efisien. Sistem rolling pegawai yang diterapkan tidak selamanya efektif. Sebab dengan rolling maka masing - masing pegawai akan menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari cara yang tepat untuk melayani, belum tentu pegawai yang menggantikan pegawai yang sebelumnya mempunyai kemampuan yang sama atau lebih, juga akan kesulitan apabila menangani kasus - kasus yang berkelanjutan oleh pelanggan atau masyarakat yang pada saat itu hares mengurus berkas beberapa kali di Kantor Camat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPS 52/06 Den p
Uncontrolled Keywords: Komunikasi efektif vertikal horisontal, motivasi pegawai, kualitas pelayanan publik, pelayanan administrasi malam hari.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
H Social Sciences > HG Finance > HG4301-4480.9 Trust services. Trust companies
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia
Creators:
CreatorsNIM
Denny Christupel T., 090310630 LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSunarjo, Dr.,dr.,MS.,M.ScUNSPECIFIED
Thesis advisorJusuf Irianto, Drs.,M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 2016
Last Modified: 06 Jun 2017 15:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36089
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item