Agus Hari Widodo, 090310522 L (2005) RENCANA OPERASIONAL PENINGKATAN PEMANFAATAN PUSKESMAS BADES DI KABUPATEN LUMAJANG. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-widodoagus-1901-tka62-06.pdf Download (976kB) | Preview |
|
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2006-widodoagus-1901-tka62-06.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Puskesmas adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja. Namun dalam laporan tahunan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang tahun 2003 terjadi penuruan jumlah kunjungan, terutama Puskesmas Bades dengan jumlah kunjungan pasien paling rendah dan kecenderungan penurunan sekitar 35,7 % bila dibandingkan dengan tahun 2001. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan menyusun rencana operasional peningkatan pemanfaatan pelayanan kesehatan di Puskesmas bades kabupaten Lumajang Penelitian ini bertujuan menyusun rencana operasional peningkatan pemanfaatan Puskesmas Bades Kabupaten Lumajang. Faktor yang diteliti adalah 1.Ketersediaan sumber daya. 2.Keterjangkauan lokasi. 3.Keterjangkauan sosial. 4.Sosiodemografi 5.Karakteristik provider meliputi jenis pelayanan, keramahan, petugas, ketrampilan petugas, kecepatan petugas dalam memberikan pelayanan. 6.Fasilitas yang dimiliki Puskesmas Bades 7.Penyebab masalah pemanfaatan Puskesmas Bades kecenderungan menurun. 8.Mencarikan altematif solusi. 9.Menyusun rencana operasional peningkatan pemanfaatan Puskesmas Bades Kabupaten Lumajang Penelitian ini adalah penelitian survei yang dilakukan secara cross sectionale, sampel penelitian ini meliputi masyarakat pengguna aktif dan pengguna pasif Puskesmas Bades dengan jumlah responden 110 orang yang diambil secara Stratified random Sampling. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Sedang pengumpulan data sekunder dilakukan dengan pengamatan langsung dengan menggunakan panduan pengamatan (check list). Untuk menentukan penyebab prioritas dan alternatif dilakukan Nominal Group Teohnique (NGT) yang melibatkan staf Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang dan staf Puskesmas Bades guna menyusun rencana operasional peningkatan pemanfaatan Puskesmas Bades Kabupaten Lumajang. Adapun hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut : A. Prioritas masalah. 1.Untuk menjangkau Puskesmas Bades lebih sulit dari pada ke Puskesmas tetangga 2.Puskesmas Bades kalau siang (lebih jam 13.30) tutup 3.Petugas di BP dan KIA kurang ramah 4.Jenis pelayanan kesehatan kurang 5.Kenyamanan ruang tunggu kurang B.Alternatif pemecahan masalah prioritas I. Mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan membuat Pos Kesehatan di tempat strategis yaitu bangunan gedung yang terdiri dari kamar periksa dan ruang tunggu untuk pelayanan kesehatan. 2.Membuka jam buka sore (jam 13.30 WIB s/d 19.00 WIB) mengingat di desa Bades masyarakatnya mayoritas petani dan petugas yang piket diberikan insentif 3.Membuat jadwal petugas yang bertugas di BP dan KIA, sehingga masyarakat bisa memilih petugas yang melayani. 4.Menambah jenis pelayanan kesehatan dan pemasaran produk jasa pelayanan kesehatan melalui kader kesehatan, tokoh masyarakat dan lintas sektor serta mekakai brosur 5.Menata ruangan tunggu sehingga suasananya nyaman Dari alternatif pemecahan masalah prioritas tadi digunakan disusun rencana operasional peningkatan pemanfaatan Puskesmas Bades Kabupaten Lumajang.
Actions (login required)
View Item |