UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN PEDULI REMAJA DI PUSKESMAS KABUPATEN JOMBANG(Berdasarkan Analisis Kinerja Tim Kesehatan Remaja, Kebutuhan, Harapan dan Penilaian Remaja)

IDA NIKMATUL ULFAH, 090410783/L (2006) UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN PEDULI REMAJA DI PUSKESMAS KABUPATEN JOMBANG(Berdasarkan Analisis Kinerja Tim Kesehatan Remaja, Kebutuhan, Harapan dan Penilaian Remaja). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2007-ulfahidani-3704-tka310-k.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2007-ulfahidani-3704-tka3107.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja di Kabupaten Jombang telah ada sejak tahun 2000. Dari hasil pelayanan yang telah dilaksanakan antara tahun 2002 sampai tahun 2004 Cakupan masih belum mencapai target yakni rata-rata sebesar 23,8% dari target sebesar 45 %. Tujuan penelitian ini adalah menyusun upaya peningkatan pemanfaatan pelayanan kesehatan peduli remaja di Kabupaten Jombang (berdasarkan analisis kinerja petugas kesehatan remaja, kebutuhan, harapan dan penilaian remaja). Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 26 Mei sampai 26 Juni 2006 di Puskesmas Kabupaten Jombang berupa penelitian observasional. Ada 3 kelompok responden yaitu petugas, pengguna pelayanan dan bukan pengguna pelayanan. Jumlah responden petugas adalah seluruh petugas kesehatan remaja di 13 Pukesmas sejumlah 13 orang , pengguna pelayanan adalah pengunjung yang datang ke 3 Puskesmas selama penelitian yakni sebanyak 89 orang dan bukan pengguna pelayanan adalah siswa dari 3 SMU di wilayah Puskesmas yang diteliti secara random. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi cakupan adalah pengetahuan, kemampuan, supervisi dan beban kerja. Sedangkan dari analisis harapan penilan dengan menggunakan diagram kartesius menunjukkan bahwa yang berada pada kuadran A (Prioritas Utama) adalah faktor tarif, kesembuhan, privacy kamar periksa dan kenyamanan kamar periksa, yang artinya pengguna merasa belum puas terhadap faktor tersebut. Sedangkan yang berada pada kuwadran B (Pertahan-kan Prestasi) adalah faktor jarak antara Puskesmas dengan rumah pengguna, keramahan dan kesopanan petugas, yang artinya Puskesmas telah melaksanakan dengan baik dan harus dipertahankan. Yang berada pada kuadran C ( Prioritas rendah) adalah ketersediaan transportasi, kesediaan petugas memberikan informasi, perhatian petugas terhadap keluhan pasien, kesesuain tindakan petugas, yang artinya faktor tersebut kurang penting pengaruhnya bagi pelanggan, pelaksanaanya biasa-biasa saja.Yang berada pada kuadran D (Berlebihan) adalah ketrampilan petugas, jaminan kerahasiaan , kenyamanan ruang tunggu, artinya faktor tersebut dianggap pelanggan kurang penting, akan tetapi pelaksanaanya berlebihan. Dianggap kurang penting tetapi sangat memuaskan. Hasil Focus Group Discussion sebagai berikut: pelatihan petugas, meningkatkan koordinasi petugas, kerja sama lintas sektor, meningkatkan kuantitas dan kualitas supervisi, menata ruangan yang ada di Puskesmas untuk pelayanan remaja. Dari hasil penelitian dan FGD diperoleh beberapa rekomendasi sebagai berikut : (1)untuk meningkat-kan pengetahuan dan kemampuan petugas perlu diberikan pelatihan bagi petugas yang belum pernah dilatih dan review bagi petugas yang sudah pernah dilatih, (2) meningkatkan kuantitas dan kualitas supervisi. (3) meningkatkan koordinasi antar petugas agar beban petugas kesehatan remaja tidak berat, (4) meningkatkan kerjasama lintas sektor, (5) mensosialisasikan bahwa saat ini belum bisa gratis, dan daftar tarif ditempelkan di pintu depan Puskesmas agar tidak timbul salah persepsi, (6) pelatihan pelayanan prima, (7) mendesain kamar yang ada misalnya dengan diberi batas khusus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah masih perlunya, (a) peningkatan pengetahuan dan kemampuan petugas melalui pelatihan. (b) koordinasi lintas sektor, (c) perlunya koordinasi antar petugas, (d) menambah kuantitas dan kualitas supervisi (e) mensosialisasikan tarif, (f) pelatihan pelayanan prima bagi petugas, (g) menata kamar di Puskesmas untuk pelayanan remaja.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 31/07 Ulf u
Uncontrolled Keywords: PUSKESMAS; Pelayanan remaja
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
IDA NIKMATUL ULFAH, 090410783/LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorS. Supriyanto, Prof. Dr., dr., M.SUNSPECIFIED
Thesis advisorErnawaty, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 08 Jun 2017 17:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36212
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item