PENGEMBANGAN FORMULA PEMBAGIAN JASA PELAYANAN DI RUMAH SAKIT JIWA MENUR SURABAYA BERDASARKAN HARAPAN KARYAWAN

ENDAH IKHTIYARINI, 0901102671 (2006) PENGEMBANGAN FORMULA PEMBAGIAN JASA PELAYANAN DI RUMAH SAKIT JIWA MENUR SURABAYA BERDASARKAN HARAPAN KARYAWAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2007-ikhtiyarin-3708-kkckkt-k.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2007-ikhtiyarin-3708-tka370-p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit Jiwa Menur (RSJM) adalah sebuah rumah sakit jiwa tipe A dengan jumlah 300 tempat tidur dan terletak di kota Surabaya. RSJM memberikan pelayanan kepada pasien berupa pelayanan rawat jalan, pelayanan rawat inap serta pelayanan penunjang yang diperlukan pasien. Untuk melayani pasien di RSJM terdapat tenaga medis, tenaga paramedis dan tenaga non medis serta tenaga administratip. Untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai di RSJM di samping diberikan gaji setiap bulan, RSJM juga memberikan insentip atau jasa pelayanan yang penerimaannya diberikan setiap 3 bulan sekali. Untuk membagi jasa pelayanan tersebut dipergunakan pedoman pembagian yang ditetapkan dengan SK Direktur. Masalahnya adalah terdapat ketidakpuasan karyawan Rumah Sakit Jiwa Menur terhadap sistem (formula) pembagian jasa pelayanan pada tahun 2002. Rumusan masalahnya : 1) bagaimana penilaian karyawan RSJM terhadap formula pembagian jasa pelayanan saat ini 2) Harapan karyawan RSJM Surabaya terhadap formula pembagian jasa pelayanan yang akan datang, 3) Bagaimana formula pembagian jasa pelayanan di RSJM Surabaya berdasarkan harapan karyawan. Tujuan umum penelitian ini adalah menyusun rekomendasi sistem pembagian jasa pelayanan di Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya berdasarkan harapan responden. Tujuan khusus penelitian ini adalah 1)mempelajari penilaian karyawan RSJ Menur terhadap formula pembagian jasa pelayanan saat ini (Kelompok pembagian, persentase, angka indeks, faktor penentu angka indeks); 2) mempelajari harapan karyawan RSJ Menur terhadap formula pembagian jasa pelayanan yang akan datang (Kelompok pembagian, persentase, angka indeks: Pendidikan, golongan pegawai, jabatan, masa kerja, risiko kerja); 3) merumuskan rekomendasi formula pembagian jasa pelayanan berdasarkan harapan karyawan di RSJ Menur Surabaya. Metode penelitian adalah penelitian observasional dengan pengambilan data secara cross-sectional. Besar sampel adalah 62 responden dan berasal dari setiap unit kerja yang ada di RSJ Menur Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan. Bahwa sebagian besar responden menilai sistem pembagian jasa pelayanana saat ini kurang atau bahkan tidak adil. Sistem pembagian ini, mengenai formulanya yang mencakup kelompok pembagian, persentase setiap Kelompok pembagian, besar angka indeks serta faktor penentu besar angka indeks. Oleh sebab itu sebagian besar responden mempunyai harapan agar RSJ Menur Surabaya mengubah sistem pembagian jasa pelayanan yang ada. Harapan tersebut mencakup perubahan: kelompok pembagian, persentase kelompok pembagian, besar angka indeks serta faktor penentu besar angka indeks. Responden mengharapkan bahwa faktor tanggung jawab, beban kerja, resiko kerja, emergency serta kinerja dipergunakan sebagai faktor penentu besar angka indeks. Dari harapan tersebut disusunlah empat alternatip formula pembagian jasa pelayanan yang melalui suatu workshop dipilih satu formula yang paling sesuai dengan harapan responden dan akan digunakan sebagai alternatif formula. Rekomendasi yang diajukan adalah: (1) formula pembagian tetap terdiri dari Kelompok merata, fungsional serta manajerial; (2) Persentase untuk setiap kelompok adalah 35% untuk merata, 40% untuk fungsional serta 25% untuk manajerial; (3) indeks terdiri dari indeks fungsional dan manajerial; (4) Faktor yang dipergunakan untuk menentukan besar indeks fungsional adalah tanggung jawab, beban kerja, risiko kerja, emergency serta kinerja; (5) Faktor yang dipergunakan untuk menentukan besar indeks manajerial adalah jenis jabatan, tanggung jawab, beban kerja, kinerja; (6) karyawan fungsional mendapatkan jasa pelayanan dari pembagian merata dan fungsional, karyawan manajerial mendapatkan jasa pelayanan dari pembagian merata dan manajerial, tetapi bagi karyawan manajerial yang merangkap fungsional akan mendapatkan jasa pelayanan dari pembagian merata, fungsional dan manajerial; (7) Dibuat penilaian kinerja sesuai pedoman penilaian kinerja dan besar nilai indeks kinerja dapat berubah sesuai hasil penilaian atasan. Saran yang diajukan adalah: (1) RSJ Menur agar aktif melakukan sosialisasi mengenai formula pembagian jasa pelayanan (2) RSJ Menur menyediakan sarana absensi berupa checklock atau sidik jari, (3) RSJ Menur menerapkan billing system; (4) RSJ Menur mengembangkan penilaian kinerja karyawan sesuai unit kerja.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 37/07 Ikh p
Uncontrolled Keywords: Incentive system, Mental hospital, Expecting employee, Workshop
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Administrasi Kebijakan Kesehatan
10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
ENDAH IKHTIYARINI, 0901102671UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorThinni Nurul R, Dra., Ec., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorWidodo J.Pudjirahardjo, dr., MS., MPH., DR., PHUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 12 Jun 2017 22:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36305
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item