PENGARUH METODE PENYULUHAN TERHADAP PERILAKU IBU DALAM STIMULASI BERMAIN SESUAI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4 - 6 TAHUN

MOH. ARIP (2006) PENGARUH METODE PENYULUHAN TERHADAP PERILAKU IBU DALAM STIMULASI BERMAIN SESUAI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4 - 6 TAHUN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2007-aripmoh-3776-kkckkt-k.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2007-aripmoh-3776-tkm010-p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di dalam kehidupan berkeluarga masalah pengasuhan dan pemberian stimulasi pada anak umumnya dititik beratkan pada peran seorang ibu yang paling bertanggung jawab, karena ibu yang paling banyak di rumah dan bergaul dengan anak-anaknya di rumah. Namun masih banyak orang tua yang beranggapan bahwa keterampilan mengasuh dan memberikan stimulasi pada anak dengan sendirinya dimiliki jika waktunya tiba. Padahal pengetahuan dan keterampilan ini harus dipelajari dan dipahami dengan benar oleh setiap orang tua. Salah satu fungsi stimulasi bermain pada anak adalah merangsang perkembangan intelektual (kognitif), dimana anak akan melakukan eksplorasi dan manipulasi terhadap segala sesuatu yang ada dilingkungan sekitarnya. Dalam hal ini perilaku orang tua dalam bentuk pengetahuan (knowledge), sikap (attitude) dan tindakan (practice) tentang stimulasi bermain merupakan salah satu faktor penting dalam membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak karena dengan pengetahuan dan keterampilan yang baik tentang stimulasi bermain maka orang tua dapat lebih memahami cara mengasuh dan mendidik anak yang baik dan benar. Dengan demikian apa yang menjadi harapan terhadap kelangsungan hidup anak yang tangguh, cerdas, produktif dan berkualitas di masa depan dapat terwujud. Pada penelitian ini penyuluhan dengan metode gabungan ceramah, tanya jawab dan demonstrasi merupakan salah satu bentuk pendekatan dalam pemberian informasi yang mampu memberikan pemahaman kepada ibu dalam bentuk pola pikir, sikap, dan tindakan atau praktik yang spesifik mengenai stimulasi bermain sesuai perkembangan kognitif anak usia 4-6 tahun. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh metode penyuluhan terhadap perilaku ibu dalam stimulasi bermain sesuai perkembangan kognitif anak usia 4 - 6 tahun. Desain penelitian ini adalah eksperimental dengan pre test - post test with control group design. Populasinya adalah ibu-ibu wali murid sekolah TK Bustanul Athfal Aisyiyah 1 Cakranegara, sebagai sampel adalah ibu yang memiliki anak usia 4-6 tahun dengan kriteria sampel sebagai berikut: usia ibu 20-35 tahun, pendidikan minimal tamat SLTP, tidak bekerja, anak pertama dengan usia antara 4-6 tahun, belum pernah mendapat penyuluhan tentang stimulasi bermain pada anak. Besar sampel 46 responden yang diambil secara random sampling, kemudian secara randomisasi responden dibagi menjadi 2 kelompok, 23 responden mendapat penyuluhan dengan metode gabungan ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan 23 responden dengan metode buku pedoman. Data dianalisis secara deskriptif dengan rerata dan deviasi standar, kemudian untuk uji pre test dan post test dengan uji t sampel berpasangan sedangkan untuk membandingkan antara kelompok metode gabungan ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi dengan kelompok metode buku pedoman menggunakan uji t sampel bebas dengan tingkat kemaknaan 0,05. Berdasarkan analisis penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: untuk responden pada kelompok dengan metode gabungan ceramah, tanya jawab dan demonstrasi sebelum penyuluhan mempunyai pengetahuan dengan kategori cukup (66.67 persen) dan sesudah penyuluhan mempunyai pengetahuan dengan kategori sangat baik (86.40 persen). Sebelum penyuluhan mempunyai sikap mendukung (72.03 persen) demikian pula sesudah penyuluhan mempunyai sikap mendukung (74,93 persen). Sebelum penyuluhan mempunyai tindakan atau praktik dengan kategori baik (77.97 persen) dan sesudah penyuluhan mempunyai tindakan atau praktik dengan kategori baik (83.35 persen). Sedangkan responden pada kelompok metode buku pedoman sebelum penyuluhan mempunyai pengetahuan dengan kategori baik (73.60 persen) demikian pula sesudah penyuluhan mempunyai pengetahuan dengan kategori baik (79.40 persen). Sebelum penyuluhan mempunyai sikap mendukung (72.25 persen) dan sesudah penyuluhan mempunyai sikap mendukung (73.55 persen). Sebelum penyuluhan mempunyai tindakan atau praktik dengan kategori baik (77.49 persen) demikian pula sesudah penyuluhan mempunyai tindakan atau praktik dengan kategori baik (80.59 persen). Terdapat perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah penyuluhan pada kelompok dengan metode gabungan ceramah, tanya jawab dan demonstrasi (p = 0.000), terdapat perbedaan sikap responden sebelum dan sesudah penyuluhan pada kelompok dengan metode gabungan ceramah, tanya jawab dan demonstrasi (p = 0.000) dan terdapat perbedaan praktik responden sebelum dan sesudah penyuluhan pada kelompok dengan metode gabungan ceramah, tanya jawab dan demonstrasi (p = 0.000). Pada kelompok metode buku pedoman terdapat perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah penyuluhan (p = 0,001), terdapat perbedaan sikap responden sebelum dan sesudah mendapat buku pedoman (p = 0,008) dan terdapat perbedaan praktik responden sebelum dan sesudah mendapat buku pedoman (p = 0,000). Terdapat perbedaan pengetahuan antara responden yang mendapat penyuluhan dengan metode gabungan ceramah, tanya jawab dan demonstrasi dengan yang mendapat metode buku pedoman (p = 0,001), terdapat perbedaan sikap antara responden yang mendapat penyuluhan dengan metode gabungan ceramah, tanya jawab dan demonstrasi dengan yang mendapat metode buku pedoman (p = 0,024) dan terdapat perbedaan praktik antara responden yang mendapat penyuluhan dengan metode gabungan ceramah, tanya jawab dan demonstrasi dengan yang mendapat metode buku pedoman (p = 0,000). Penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode penyuluhan terhadap pengetahuan, sikap dan praktik ibu dalam stimulasi bermain sesuai perkembangan kognitif anak usia 4-6 tahun. Adapun hasil diatas dapat disarankan dalam upaya meningkatkan pengetahuan, sikap dan praktik ibu yang lebih baik dalam stimulasi bermain sesuai perkembangan kognitif anak usia 4-6 tahun, dapat dilakukan dengan salah satu metode penyuluhan yaitu metode gabungan ceramah, tanya jawab dan demonstrasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKM 01/07 Ari p
Uncontrolled Keywords: Counseling, behavior, stimulation
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
MOH. ARIPNIM090415403-M
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoersintowarti B. Narendra, Prof., dr., M.Sc., Sp.A(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorWindhu Purnomo, Dr., dr., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 07 Jun 2017 17:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36356
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item