AUDIT KAMPANYE POLITIK PARTAI POLITIK BERBASIS NU DI JAWA TIMUR (STUDI EVALUASI KAMPANYE PEMILU 2009 PADA PPP, PKB DAN PKNU)

YENI LUTFIANA, 070946017 (2011) AUDIT KAMPANYE POLITIK PARTAI POLITIK BERBASIS NU DI JAWA TIMUR (STUDI EVALUASI KAMPANYE PEMILU 2009 PADA PPP, PKB DAN PKNU). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2012-lutfianaye-22688-tsk201-k.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2012-lutfianaye-18472-tsk2011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada penelitian ini, peneliti ingin mendapatkan gambaran mengenai kampanye politik yang dilakukan oleh partai-partai politik berbasis massa NU di Jawa Timur. Partai-partai tersebut adalah PPP, PKB dan PKNU. Sejarah NU dan partai politik telah dimulai sejak tahun 1952, yang ditandai dengan lahirnya Partai Nahdatul Ulama (PNU). Pada masa orde baru, warga NU berafiliasi ke PPP karena adanya fusi partai-partai di Indonesia menjadi PPP, Golkar dan PDI. Saat ini, ketika era reformasi, dimulai tahun 1999, muncul puluhan partai baru termasuk partai politik yang bercorak Islam. Beberapa partai yang masih bertahan sampai hari ini dan merupakan partai politik yang berbasis masa NU adalah PPP, PKB dan PKNU. Di samping itu besarnya massa NU merupakan potensi menarik bagi sebuah partai politik, apalagi jika partai tersebut dapat menggiring massa NU untuk memilih partai yang dimilikinya. Study ini berfokus kepada bagaimana kampanye politik yang dilakukan oleh partai-partai politik berbasis massa NU di Jawa Timur dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kampanye politik partaipartai berbasis massa NU di Jawa Timur masih relative sama, baik dari strategi perencanaan, pengelolaan, pesan dan media yang dipakai serta pendanaan kampanye. Posisi NU dianggap sangat penting oleh partai-partai tersebut mengingat warga NU adalah basis pemilih utama partai-partai tersebut. Penggalangan massa di luar NU belum dilakukan dengan maksimal walau terdapat kesadaran besarnya massa NU tidak dapat diandalkan selamanya mengingat persaingan antar partai politik dalam merebut simpati massa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK 20 / 11 Lut a
Uncontrolled Keywords: Kampanye politik, partai-partai berbasis massa NU
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
YENI LUTFIANA, 070946017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKacung Marijan, Prof. Dr.UNSPECIFIED
Thesis advisorRachmah Ida, Ph. DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 19 Oct 2016 21:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36446
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item