PENYITAAN SURAT KUASA ADVOKAT DALAM PERKARA PIDANA

RONNY SETIAWAN SUPRATIKNJO (2012) PENYITAAN SURAT KUASA ADVOKAT DALAM PERKARA PIDANA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2012-supratiknj-23579-thd-01-1-k.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2012-supratiknj-19958-thd01-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Advokat mempunyai peran khusus yang berbeda dengan penegak hukum lainnya, sesuai dengan profesinya sebagai orang yang memberikan jasa hukum di dalam dan di luar pengadilan berupa memberikan konsultasi hukum, bantuan hukum, menjalankan kuasa, mewakili,mendampingi, membela, dan melakukan tindakan lain untuk kepentingan hukum klien. Hal ini berarti advokat dalam memberikan jasa hukum salah satunya seperti menjalankan kuasa harus ada pemberian kuasa terlebih dahulu dari klien ke advokat. erdasarkan konsep dan fungsi surat kuasa, surat kuasa merupakan hanya perjanjian yang mengikat kedua belah pihak saja yaitu pemberi dan penerima kuasa, selain itu surat kuasa tidak dapat membawa kerugian ataupun manfaat kepada pihak ketiga atau pihak lain. Apabila advokat melakukan tindakan yang merugikan kepentingan klien atau melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka surat kuasa advokat dapat dilakukan penyitaan sehingga surat kuasa bisa termasuk dalam objek yang dapat dilakukan penyitaan dan apabila advokat tersebut tidak memalsukan surat kuasa, tidak melakukan tindakan yang merugikan kepentingan klien atau tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku,maka surat kuasa advokat tidak dapat dilakukan penyitaan. Oleh karena itu, akibat hukum terhadap penyitaan surat kuasa advokat dimana advokat tersebut tindakan yang merugikan kepentingan klien atau tidak melanggar peraturan perundangundangan yang berlaku yaitu tidak sah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THD 01 / 12 Sup p
Uncontrolled Keywords: penyitaan surat kuasa, advokat.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(175) Congresses
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
RONNY SETIAWAN SUPRATIKNJONIM030810650-M
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Basuki Minarno, Prof.Dr.,S.H.M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 19 Oct 2016 22:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36478
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item