Yazwar, 031044069 (2011) REFORMASI BIROKRASI POLRI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PEERBITAN SIM SEBAGAI BENTUK PERLINDUNGAN HUKUM KEPADA MASYARAKAT DIJALAN RAYA UNTUK MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE (KAJIAN DILAKSANAKAN PADA SAT. LANTAS POLRES TARAKAN). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2012-yazwar-23817-th-02-12-k.pdf Download (299kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2012-yazwar-20236-th0212.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Reformasi Birokrasi merupakan Transformasi di semua aspek dalam manajemen pemerintahan menuju good govermence dan clean government sebagaimana dituangkan dalam Grand Design Reformasi Birokrasi dan Roadmap Reformasi Birokrasi yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara. Reformasi yang dijalankan oleh Polri adalah suatu proses yang berkesinambungan dalam membangun dan memperkuat identitas, mewujudkan visi dan misi secara nyata, meningkatkan efesiensi dan efektivitas struktur organisasi, mengembangkan instrumen dan fasilitas pelayanan dalam pembuatan SIM, serta memperbaiki budaya dan etika profesional secara konsisten. Semua proses tersebut bertujuan untuk mewujudkan pelayanan SIM yang bernilai tambah bagi masyarakat, in casu bagi masyarakat Kota Tarakan, menggunakan Pelayanan Minimal terhadap kepuasan konsumen dalam pelayanan penerbitan SIM. Pengamatan pelaksanaan proses Reformasi Birokrasi Polri dalam pelayanan penerbitan SIM (Surat Ijin Mengemudi) berdasarkan Prinsip-prinsip Good Governance dilakukan pada setiap hari kerja. Waktu dipilih berdasarkan pertimbangan waktu yang digunakan masyarakat adalah waktu bekerja pemerintah yang selalu digunakan dalam keseharian. Hasil penelitian menunjukkan Reformasi Birokrasi Polri dalam dalam pelayanan penerbitan SIM (Surat Ijin Mengemudi) berdasarkan Prinsip-prinsip Good Governance telah dilaksanakan dengan cukup baik walaupun masih ada kendala namun hanya bersifat teknis dalam proses selama kegiatan dilakukan. Kajian dari penelitian selanjutnya juga membahas Arti Penting Reformasi Birokrasi Polri serta sudah menggunakan Pelayanan Minimal terhadap kepuasan konsumen dalam pelayanan penerbitan SIM (Surat Ijin Mengemudi), dari hasil penelitian ini nantinya diharapkan mampu menciptakan Sumber daya manusia (SDM) Polri yang mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat berdasarkan ketentuan dan peraturan yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TH 02 / 12 Yaz r | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Reformasi Birokrasi Polri (RBP), Good Governance, Pelayanan Prima | ||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3440-3460 Civil service. Government officials and employees | ||||||
Divisions: | 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Husnul Khotimah | ||||||
Date Deposited: | 2016 | ||||||
Last Modified: | 19 Oct 2016 19:38 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36508 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |