KEMAMPUAN PROTEKSI IMUNOSTIMULAN DARI PROTEIN MEMBRAN IMUNOGENIK Zoothamnium penaei TERHADAP ZOOTHAMNIOSIS PADA UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei)

HARIJANTO, 140941009 (2012) KEMAMPUAN PROTEKSI IMUNOSTIMULAN DARI PROTEIN MEMBRAN IMUNOGENIK Zoothamnium penaei TERHADAP ZOOTHAMNIOSIS PADA UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-harijanto-23686-19full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang vannamei ( Litopenaeus vannamei ) merupakan salah satu spesies udang laut yang diimpor dari Amerika Latin dan mulai masuk ke Indonesia sejak tahun 1998. Pemerintah Indonesia melakukan pengesahan bahwa budidaya udang vannamei bisa dikembangkan di Indonesia. Salah satu penyebab kegagalan budidaya udang vannamei adalah serangan penyakit dengan intensitas yang relatif tinggi. Zoothamniosis merupakan salah satu jenis penyakit pada udang, disebabkan oleh Zoothamnium penaei, dapat menyebabkan kematian terutama pada stadia benih. Udang yang terserang akan mengalami gangguan pernafasan, kesulitan dalam bergerak, mencari makan dan ganti kulit (moulting). Frekuensi zoothamniosis hingga saat ini masih relatif tinggi. Zoothamniosis selain menyebabkan kematian pada benih, juga mengakibatkan pertumbuhan yang lambat dan menurunkan nilai jual bagi yang hidup. Tujuan umum dari penelitian ini adalah menentukan kemampuan dan menemukan dosis paling tepat dari protein membran imunogenik Zoothamnium penaei untuk menekan zoothamniosis pada udang vannamei. Sedangkan Tujuan khusus dari penelitian ini adalah : 1) Menganalisis kemampuan proteksi protein membran imunogenik Zoothamnium penaei terhadap zoothamniosis pada udang vannamei, 2 Menganalisis respon imun udang vannamei yang diimunisasi dengan protein membran imunogenik Zoothamnium penaei terhadap zoothamniosis, 3) Menentukan tingkat kelangsungan hidup atau survival rate (SR) udang vannamei yang diimunisasi dengan protein membran imunogenik Zoothamnium penaei terhadap zoothamniosis dan 4) Menentukan dosis paling tepat dari protein membran imunogenik Zoothamnium penaei untuk imunisasi pada udang vannamei guna mencegah zoothamniosis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TBPK 01/12 Har k
Uncontrolled Keywords: IMUNOSTIMULAN;IMUNOGENIK
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology > QL360-599.82 Invertebrates
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
HARIJANTO, 140941009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGunadi Mahasri, Dr., Ir., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorWin Darmanto, Prof., Dr., Drs., M.S., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 11 Oct 2016 04:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36935
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item