PENGEMBALIAN KEPADA ORANG TUA SEBAGAI BENTUK PEMIDANAAN ANAK DIBAWAH UMUR

DANIEL PANANNANGAN, 031143016 (2012) PENGEMBALIAN KEPADA ORANG TUA SEBAGAI BENTUK PEMIDANAAN ANAK DIBAWAH UMUR. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-panannanga-28019-4.--abst-i.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari hukuman adalah untuk membina dan memperbaiki sehingga terciptalah kehidupan yang harmonis dan stabil. Proses hukum haruslah mengedepankan aspek kemanusiaan terlebih lagi masalah pidana anak. Hak-hak tersebut termasuk hak memperoleh perlindungan secara fisik, mental atau sosial dan juga hak anak ketika sedang berhadapan dengan hukum. Diperoleh rumusan masalah yaitu ; Bagaimana bentuk-bentuk pemidanaan terhadap anak ; Apa pertimbangan Hakim dan implikasi putusan hakim berupa pengembalian kepada orang tua sebagai bentuk pemidanaan anak dibawah umur , dengan menggunakan metode penelitian yuridis normative dan pendekatan secara koseptual dan perundang-undangan diperoleh analisis , persidangan dengan mempertimbangkan hak-hak anak yang tercantum dalam undang-undang terkait proses peradilan anak. Dalam hal penjatuhan sanksi berupa tindakan hakim mempertimbangkan beberapa hal yang menyangkut kepentingan anak dan keadilan. Dikemukakan saran antralain ; Agar dihindarkan putusan hakim yang mengakibatkan penderitaan batin seumur hidup atau dendam pada anak, atas kesadaran bahwa putusan hakim bermotif perlindungan. Hakim seyogianya benarbenar teliti dan mengetahui segala latar belakang anak sebelum sidang dilakukan. Dalam mengambil putusan, hakim harus benar-benar memperhatikan kedewasaan emosional, mental, dan intelektual anak.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TH.14/13 Pan p
Uncontrolled Keywords: Sistem Pemidanaan Anak; Sanksi Pemidanaan Anak; Pengembalian Kepada Orangtua
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7120-7197 Persons > K7155-7197 Domestic relations. Family law > K7181-7197 Parent and child. Guardian and ward
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
DANIEL PANANNANGAN, 031143016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSarwirini, Dr., SH., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 2016
Last Modified: 28 Oct 2016 17:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36974
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item