TANGGUNG GUGAT PERUSAHAAN PIALANG PERDAGANGAN BERJANGKA KOMODITI ATAS KERUGIAN NASABAH

NATHA GUNAWAN, 031043061 MH (2012) TANGGUNG GUGAT PERUSAHAAN PIALANG PERDAGANGAN BERJANGKA KOMODITI ATAS KERUGIAN NASABAH. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-gunawannat-27584-4.-abstr-k.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dunia perdagangan mengalami perkembangan yang pesat, perdagangan konvensional dimana ada penjual, pembeli, dan obyek yang secara nyata diperdagangkan bagi sebagian masyarakat mulai ditinggalkan. Masyarakat modern mulai beralih ke suatu bentuk perdagangan yang mana obyek perdagangan tidak lagi berupa benda yang berwujud seperti indeks harga saham gabungan (IHSG),valuta asing, dan komoditas. Perdagangan obyek tidak berwujud tersebut tidak dilakukan dalam suatu pasar konvensional dimana terdapat penjual dan pembeli yang saling sepakat melakukan perdagangan sehingga disebut perdagangan dua arah, penjual mendapat uang hasil penjualan dan pembeli mendapatkan barang. Dunia perdagangan yang berkembang saat ini yang mana perdagangan konvensional ditinggalkan, perdagangan yang semula dua arah berkembang menjadi perdagangan satu arah sehingga penjual atau pembeli tidak perlu menunggu adanya pihak ke dua untuk melakukan kesepakatan penjualan atau pembelian. Perdagangan semacam ini terjadi dalam futures market (bursa berjangka). Obyek yang diperdagangkan dalam pasar ini berupa IHSG, Valuta Asing, dan Commodity. Berbeda dengan perdagangan secara konvensional, perdagangan dalam futures market adalah satu arah, penjual atau pembeli melakukan perdagangan tidak perlu menunggu pihak kedua untuk membeli atau menjual barangnya. Tesis ini membahas mengenai perdagangan berjangka, pada khususnya perdagangan berjangka komoditi dimana dalam suatu perdagangan berjangka harus ada terlibat didalamnya perusahaan pialang berjangka sebagai perantara perdagangan antara pembeli atau penjual dengan bursa berjangka. Dengan kondisi tersebut, menempatkan pembeli dan/atau penjual sebagai konsumen penikmat jasa perantara.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THB 01/13 Gun t
Uncontrolled Keywords: Perdagangan
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
NATHA GUNAWAN, 031043061 MHUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGianto Al Imron, S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 2016
Last Modified: 28 Oct 2016 20:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36987
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item