KEDUDUKAN EFEK DALAM HAL PENJUAL DINYATAKAN PAILIT PADA TRANSAKSI SHORT SELLING DI PASAR MODAL

RAHMADIANI PUTRI NILASARI, 031141004 (2013) KEDUDUKAN EFEK DALAM HAL PENJUAL DINYATAKAN PAILIT PADA TRANSAKSI SHORT SELLING DI PASAR MODAL. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-nilasarira-27597-4.-abstr-k.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
18.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Short Selling pada dasarnya adalah praktik menjual saham tanpa memiliki saham terlebih dahulu. Secara rinci short selling terbagi menjadi dua jenis, yaitu Naked Short Selling dan Covered Short Selling. Dalam naked short selling, transaksi Efek dilakukan tanpa ada kepastian adanya pemberi pinjaman atas Efek tersebut. Praktek naked short selling ini dilarang karena akan merusak pasar. Sedangkan covered short selling adalah menjual dengan memiliki kolateral/persediaan terlebih dahulu. Covered short selling ini adalah short selling yang diperbolehkan. Covered short selling yang ditetapkan oleh Bapepam ini didukung dengan fasilitas Pinjam Meminjam Efek yang saat ini disediakan oleh KPEI. Di dalam Pinjam Meminjam Efek, apabila Efek tersebut berada pada borrower atau pihak lain yang memilki Efek tersebut, maka lender tetap berhak menerima hak yang melekat pada Efek tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa tidak secara penuh terjadi perpindahan kepemilikan atas Efek yang dipinjamkan tersebut, terlebih lagi terdapat mekanisme yang disebut Recall yaitu lender dapat sewaktu-waktu menarik pinjaman sebelum jatuh tempo. Meskipun telah terjadi perpindahan fisik atas Efek yang dipinjamkan dari rekening lender ke rekening borrower (Outright Transfer of Ownership) tetapi hal ini tidak mengakibatkan terjadinya perpindahan penerimaan manfaat atas Efek tersebut (Beneficial of Ownership). Metode yang digunakan adalah metode penelitian hukum. Tidak dapat dipungkiri bahwa Efek dalam transaksi short selling ini dapat menjadi harta pailit apabila penjual (dalam hal ini investor jual atau Perusahaan Efek) dinyatakan pailit. Proses transaksi short selling dan waktu saat penjual dinyatakan pailit inilah yang menentukan kedudukan Efek short selling dalam kepailitan tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THB 02/13 Nil k
Uncontrolled Keywords: short selling, securities, bankruptcy
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1370-1395 Insolvency and bankruptcy. Creditors' rights
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
RAHMADIANI PUTRI NILASARI, 031141004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMAS RAHMAH, Dr., S.H., M.H., LL.M.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 2016
Last Modified: 28 Oct 2016 20:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36988
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item