KEABSAHAN JABATAN NOTARIS BAGI NOTARIS YANG BELUM BERUMUR MINIMAL UMUR YANG DISYARATKAN

FABIAN RUNTUNG, 031142035 (2013) KEABSAHAN JABATAN NOTARIS BAGI NOTARIS YANG BELUM BERUMUR MINIMAL UMUR YANG DISYARATKAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-runtungfab-24234-3.abstr-k.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam menjalankan jabatan sebagai seorang notaris, notaris yang telah mendapatkan SK dari departemen hukum dan hak asasi manusia dinyatakan sudah sah dalam menjalankan jabatan. SK yang telah diterima dapat menjadi tolak ukur sahnya suatu jabatan dari notaris yang akan membuka kantor atau menjalankan jabatannya dengan nyata, yang menjadi pembahasan yaitu jika notaris tersebut dibawah umur dan telah membuatkan akta. Keabsahan jabatan dan kebasahan akta yang dibuat oleh notaris tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah, pendekatan undangundang (statute approach) dan pedekatan konseptual (conceptual approach). Statute approach atau pendekatan undang-undang yaitu pendekatan dengan menggunakan analisis terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku yang berkaitan dengan syarat dan jabatan dari notaris itu sendiri. Sedangkan Conceptual approach atau pendekatan dengan menggunakan pendekatan konseptual adalah pendekatan berdasarkan pandangan-pandangan berdasarkan pandagan-pandangan dari para ahli hukum serta doktrin-doktrin yang didapat dalam literatur-literatur yang berhubungan dengan umur sebagai salah satu syarat dari notaris. Jabatan yang telah diberikan meskipun terdapat adanya kekurangan dalam isi SK yang telah diberikan tetap akan dianggap sah, sebelum adanya pembatalan dari pengadilan dan pencabutan dari pihak yang berwenang. Begitu juga jika notaris tersebut telah membuat akta, akta tersebut tetap akan dianggap sah apabila tidak adanya pembatalan atau pencabutan SK tersebut tidak dibatalkan atau dicabut pada saat SK tersebut di keluarkan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 35/13 Run k
Uncontrolled Keywords: Keabsahan, Umur, Jabatan Notaris
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K115-130 The legal profession
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
FABIAN RUNTUNG, 031142035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Hadi Shubhan, Dr., S.H., M.H., CNUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 13 Oct 2016 03:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37003
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item