KEDUDUKAN NEGARA SEBAGAI PENGELOLA WARISAN ATAS HARTA PENINGGALAN TAK TERURUS MENURUT SISTEM HUKUM WARIS BW (BURGERLIJK WETBOEK)

OEMAR MOECHTHAR, 031142080 (2012) KEDUDUKAN NEGARA SEBAGAI PENGELOLA WARISAN ATAS HARTA PENINGGALAN TAK TERURUS MENURUT SISTEM HUKUM WARIS BW (BURGERLIJK WETBOEK). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-moechtharo-24357-2.abstr-k.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
26.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hukum waris Burgerlijk Wetboek (BW) mengatur mengenai warisan seseorang yang dimungkinkan akan jatuh ke tangan negara dan dikuasai oleh negara. Dalam hal tertentu negara memperoleh harta warisan dari pewaris apabila pewaris tersebut saat warisan terbuka tidak meninggalkan ahli waris baik itu ahli waris ab intestato maupun ahli waris testamenter, dan pewaris tidak meninggalkan surat wasiat apapun untuk menunjuk seseorang untuk mengelola harta peninggalan yang ditinggalkannya. Sehingga harta peninggalan pewaris tersebut dikategorikan sebagai harta peninggalan tak terurus (onbeheerde alatenschap). Dalam hal ini Lembaga Balai Harta Peninggalan dibutuhkan peran sertanya untuk bertindak selaku pengelola harta peninggalan tak terurus tersebut. Peraturan pelaksanaan Balai Harta Peninggalan di Indonesia masih bersifat sektoral dan masih bekas peninggalan belanda yang menjajah Indonesia.maka dari itu diperlukan suatu aturan khusus yang mengatur mengenai kedudukan, fungsi, peran dan wewenang dari Lembaga Balai Harta Peninggalan secara terkodifikasi, untuk meningkatkan kinerja dan lembaga Balai Harta Peninggalan lebih dikenal oleh masyarakat serta dapat memaksimalkan fungsi yang dimilikinya melalui Rancangan Undang- Undang tentang Balai Harta Peninggalan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 09/13 Moe k
Uncontrolled Keywords: Balai Harta Peninggalan, Negara, Waris BW, harta peninggalan tak terurus, RUU BHP.
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB632-636.2 Inheritance and succession
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
OEMAR MOECHTHAR, 031142080UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLisman Iskandar, S.H., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 17 Oct 2016 08:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37025
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item