AZMIL CHUSNAINI, 041041036 (2013) PROSES TUMBUH DAN BERKEMBANGNYA KOMUNITAS MEREK SEBAGAI GERAKAN SOSIAL. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-chusnainia-24528-4.abst-k.pdf Download (93kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
23.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Menggunakan teori gerakan sosial, penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi percepatan sebuah komunitas baru untuk cepat tumbuh dan berkembang. Dengan pendekatan grounded theory, data penelitian diperoleh dengan in-depth interview pada 16 informan dari dua komunitas besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga proses yang dialami oleh komunitas yang awalnya hanya perkumpulan sedikit konsumen yang melakukan konsumsi pada merek yang sama, berubah menjadi komunitas besar yang dapat diterima oleh masyarakat. Ketiga proses tersebut terdiri dari (1) Perbedaan (Differentiation); (2) Pembangunan legitimasi (Legitimacy Building); (3) Mobilisasi (Mobilization). Peneliti juga menemukan bahwa ketiga proses ini berjalan bersamaan dan saling mendukung, ditambah dengan adanya norma-norma tertulis maupun tidak tertulis (normative community preasure) yang mengarahkan para anggota komunitas berjalan sesuai dengan tujuan. Implikasi managerial dan akademik juga dijelaskan bagaimana cara membangun dan mengembangkan komunitas yang dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TSM 07/13 Chu p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Brand community, marketing strategic, social movement theory | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Husnul Khotimah | ||||||
Date Deposited: | 2016 | ||||||
Last Modified: | 11 Oct 2016 02:29 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37076 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |