HUBUNGAN MANAJEMEN LABA DENGAN MENGGUNAKAN MANIPULASI AKTIVITAS RIIL DAN KINERJA OPERASI (Studi Empiris pada Perusahaan yang Melakukan Right Issue di Bursa Efek Indonesia)

SILA NININ WISNANTIASRI, 040942039 (2012) HUBUNGAN MANAJEMEN LABA DENGAN MENGGUNAKAN MANIPULASI AKTIVITAS RIIL DAN KINERJA OPERASI (Studi Empiris pada Perusahaan yang Melakukan Right Issue di Bursa Efek Indonesia). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-wisnantias-24576-4.abst-k.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeteksi manajemen laba dengan aktivitas riil sekitar periode right issue pada perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia dan hubungannya dengan kinerja operasi perusahaan. Manajemen laba dengan aktivitas riil diproksikan dengan aktivitas manipulasi penjualan, kenaikan produksi dan pengurangan biaya diskresi. Data diperoleh dari laporan keuangan. Regresi digunakan untuk menentukan nilai estimasi normal dan abnormal dari arus kas operasi, biaya produksi dan biaya diskresi. Kemudian nilai tersebut diregresi untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan yang melakukan right issue yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia melakukan manipulasi aktivitas riil dengan arus kas kegiatan operasi, biaya produksi dan biaya diskresi. Hasil uji regresi selanjutnya menunjukkan bahwa kenaikan aktivitas manajemen penjualan dan produksi memiliki kecenderungan pengaruh yang positif terhadap kinerja operasi pada tahun pertama hingga tahun ketiga setelah periode right issue namun negatif untuk pengurangan biaya diskresi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 06/13 Wis h
Uncontrolled Keywords: right issue, earning management through real activities, operating performance
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
SILA NININ WISNANTIASRI, 040942039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Made Narsa, NIDN0027066503UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 11 Oct 2016 01:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37082
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item