PEMBIAYAAN USAHA WARALABA DENGAN AKAD MUDHARABAH

ARIES SISWINNARTI, 030942068 (2012) PEMBIAYAAN USAHA WARALABA DENGAN AKAD MUDHARABAH. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-siswinnart-25756-4.abs-i.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-siswinnart-25756-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha yang terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian Waralaba. Bisnis Waralaba merupakan salah satu solusi usaha bagi pengusaha kecil dan menengah yang baru memulai usaha. Dengan cara Waralaba atau franchise pengusaha melakukan pengembangan pasar tanpa harus mengeluarkan investasi baru, bahkan dapat memberikan kesempatan kepada pihak lain untuk turut serta menjalankan usahanya. Potensi pertumbuhan Waralaba yang pesat juga menarik minat usaha perbankan untuk mendukung perkembangan Waralaba di Indonesia dengan cara memberikan bantuan dana kepada pengusaha Waralaba, baik bagi penerima Waralaba dan pemberi Waralaba dalam bentuk Pembiayaan. Adapun rumusan masalah adalah mengenai karakteristik pembiayaan usaha Waralaba dengan akad Mudharabah dan upaya penyelesaian pembiayaan bermasalah pada Usaha Waralaba dengan Akad Mudharabah. Pendekatan yang dipergunakan adalah pendekatan Perundang-Undangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Pada pembahasan diuraikan mengenai karakteristik usaha Waralaba, Proses Pembiayaan Usaha Waralaba dengan menggunakan Akad Mudharabah serta Klausula-klausula yang seharusnya terdapat dalam Pembiayaan Usaha Waralaba dengan menggunakan Akad Mudharabah. Kemudian proses penyelesaian sengketa apabila terdapat permasalahan pada Pembiayaan Usaha Waralaba dengan menggunakan Akad Mudharabah yang akan diawali dengan menguraikan pelanggaran yang dilakukan oleh nasabah terhadap akad pembiyaan, Penanganan pada pembiayaan Mudharabah usaha waralaba bermasalah yaitu melalui yaitu melalui proses evaluasi ulang, musyawarah, proses revitalisasi, penyelesaian melalui jaminan, penyelesaian melalui Badan Arbitrase Syari’ah Nasional, penyelesaian melalui Jalur Litigasi melalui Pengadilan Agama, penghapusan pembiayaan (write off) dan terakhir adalah permohonan kepailitan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 153 12 Sis p
Uncontrolled Keywords: Waralaba, Akad, Mudharabah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP1-253 Islam
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7340-7512 Commercial law > K7350-7444 Commercial contracts
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
ARIES SISWINNARTI, 030942068UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrisadini Prasastinah Usanti, Dr., S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2016
Last Modified: 06 Sep 2016 00:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37148
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item