ASPEK HUKUM PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBUATAN AKTA NOTARIS

ANANTO BUDI WICAKSONO, 031142041 (2013) ASPEK HUKUM PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBUATAN AKTA NOTARIS. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-wicaksonoa-26669-6.abstr-i.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-wicaksonoa-26669-13.full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pesatnya berkembangan teknologi informasi saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan bagi segala profesi untuk mempermudah perkerjaan dan tidak terkecuali bagi profesi Notaris yang sering disebut konsep Cyber Notary, namun dalam melaksanakan jabatannya Notaris harus tetap berpegang teguh pada aturan yang berlaku pada Undang-undang Jabatan Notaris. Melalui Tesis ini penulis mencoba mengkaji sejauh mana Notaris dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan akibat hukum bagi akta yang dalam proses pembuatannya memanfaatkan teknologi informasi. Pemanfaatan teknologi informasi dalam hal ini meliputi pemanfaatan video konferensi, tanda tangan elektronik, kearsipan protokol akta dan pemberian salinan akta secara elektronik. Pendekatan masalah yang diangkat dalam tesis ini adalah Legal research dengan menggunakan pendekatan Peraturan perundang-undang (Statute Approach) dan pendekatan Konseptual (Conseptual Approach), dimana penulis menggunakan legislasi maupun regulasi sebagai dasar pemikiran, serta mengkaji lebih dalam konsep-konsep hukum yang terkandung dari masalahan hukum yang diangkat Melalui penulisan tesis ini penulis menyimpulkan bahwa Notaris dalam proses pembuatan akta dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, namun tidak secara maksimal, karena pada Undang-undang Jabatan Notaris sendiri belum mengakomodasi hal tersebut, selain itu belum sejalannya antara peraturan perundang-undangan yang ada, dan sistem teknis yang belum memadai, sehingga konsep Cyber Notary belum dapat diberlakukan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 TMK 43/13 Wic a
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Informasi, Akta, Notaris
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K115-130 The legal profession
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
ANANTO BUDI WICAKSONO, 031142041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Hadi Shubhan, Dr., S.H., M.H., CNUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 06 Sep 2016 07:10
Last Modified: 06 Sep 2016 07:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37175
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item