PEMBIAYAAN AS-SALAM YANG BERDASARKAN PRINSIP JUAL BELI

ALDIRA MARA DITTA CAESAR P., 031141017 (2013) PEMBIAYAAN AS-SALAM YANG BERDASARKAN PRINSIP JUAL BELI. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-aldiramara-26698-6.abstr-i.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-aldiramara-26698-14.full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kegiatan operasional dari bank syariah terdiri dari kegiatan operasional di bidang penghimpunan dana dan kegiatan operasional di bidang penyaluran dana. Dalam menghimpun dana, bank syariah menerima simpanan dari masyarakat dan dari pihak lain. Sedangkan dalam penyaluran dana kepada masyarakat, bank syariah biasanya memberikan jasa-jasa berupa pembiayaan. Pembiayaan salam ini merupakan transaksi jual beli dan barang yang diperjualbelikan akan diserahkan dalam waktu yang akan datang, tetapi pembayaran kepada nasabah dilakukan secara tunai. Syarat utama dalam pembiayaan salam ini adalah barang atau hasil produksi yang akan diserahkan kemudian tersebut dapat ditentukan spesifikasinya secara jelas, seperti jenis, macam, ukuran, mutu dan jumlahnya. Pada perkembangannya bank tidak mudah untuk menjual kembali barang yang telah dihasilkan, baik kepada nasabah maupun kepada pihak ketiga. Oleh sebab itu, dilakukanlah pembiayaan dengan akad Salam paralel, yaitu dua akad salam yang dilakukan secara simultan antara bank dan nasabah di satu pihak dan antara bank dan pemasok barang (supplier) di pihak lain. Maka rumusan masalah yang dapat dibahas yaitu, karakteristik dari pembiayaan salam dan analisis dari akad salam tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian normatif, dengan pendekatan yang digunakan di dalam penelitian ini adalah statute approach, conceptual approach dan contractual approach. Adapun bahan hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Pengumpulan bahan hukum dalam penulisan tesis ini dilakukan dengan jalan membaca dan mempelajari bahan hukum yang ada pada hukum primer maupun bahan hukum sekunder. Selanjutnya bahan hukum yang terkumpul dianalisis menggunakan conceptual analisis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 THB 10/13 Ald p
Uncontrolled Keywords: Salam, Sale and Purchase, Islamic bank.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP1-253 Islam
H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1811-2351 Special classes of banks and financial institutions
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Hukum Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
ALDIRA MARA DITTA CAESAR P., 031141017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrisadini Prasastinah Usanti, Dr., S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 06 Sep 2016 05:47
Last Modified: 06 Sep 2016 05:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37187
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item