MANAJEMEN KRISIS PUBLIC RELATIONS (Studi Kasus Tentang Peran Public Relations Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) Dalam Menghadapi Resistensi Masyarakat Madura di Kabupaten Bangkalan Terhadap Kehadiran Lembaganya)

Roos Yuliastina, 071146010 (2013) MANAJEMEN KRISIS PUBLIC RELATIONS (Studi Kasus Tentang Peran Public Relations Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) Dalam Menghadapi Resistensi Masyarakat Madura di Kabupaten Bangkalan Terhadap Kehadiran Lembaganya). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-yuliastina-26714-9.abstr-k.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-yuliastina-26714-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini ingin mengetahui peran public relations dan metode pendekatan public relations BPWS dalam menghadapi resistensi masyarakat Madura di Kabupaten Bangkalan terhadap kehadiran lembaganya. Dengan mengkaji peran dan model pendekatannya, diharapkan dapat mengetahui juga bagaimana public relations BPWS mengatasi manajemen krisis. Karena jika perbedaan kepentingan antara BPWS dengan masyarakat Madura terus dibiarkan, bukan tidak mungkin masalah ini akan menjadi krisis berkepanjangan yang mengancam eksistensi BPWS. Metode yang digunakan adalah metode kulitatif, metode ini lebih menekankan pada kedalaman yang diteliti (kualitas) data yang telah di peroleh, bukan pada banyaknya (kuantitas) data. Teknik pengumpulan data mencakup informan atau narasumber yang paham dan terlibat secara langsung dalam kasus ini. Pengumpulan datanya menggunakan data primer dan skunder. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif, untuk validitas datanya menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Peran public relations dalam menghadapi resistensi masyarakat Madura di Kabupaten Bangkalan terhadap BPWS lebih berperan sebagai fasilitator komunikasi. Model pendekatan yang diterapkan adalah model public relations pengaruh personal (personal influence model) yang di kategorikan kedalam model publik relations asimetris dua arah. Tahapan-tahapan manajemen krisis untuk mengatasi kasus ini, terdiri dari tiga tahapan. Yaitu tahapan pra-krisis, merespon krisis, dan pasca-krisis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 TSK 11/13 Yul m
Uncontrolled Keywords: Crisis Management, Public relations BPWS, Madura community resistance in Bangkalan.
Subjects: D History General and Old World > D History (General) > D880 Developing Countries
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Roos Yuliastina, 071146010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMustain Mashud, Prof. Dr., Drs, M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorYan Yan Cahyana, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 06 Sep 2016 06:33
Last Modified: 06 Sep 2016 06:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37203
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item