MAKNA K-POP DI KALANGAN REMAJA SURABAYA (STUDI TENTANG MAKNA BUDAYA KOREAN POPULER DI KALANGAN REMAJA PADA KOMUNITAS KLOSS DI SURABAYA)

MONICA PAATH, 071147002 (2013) MAKNA K-POP DI KALANGAN REMAJA SURABAYA (STUDI TENTANG MAKNA BUDAYA KOREAN POPULER DI KALANGAN REMAJA PADA KOMUNITAS KLOSS DI SURABAYA). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-paathmonic-26838-7.abstr-k.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-paathmonic-26838-1.full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Globalisasi budaya pop Korea atau yang lebih dikenal dengan Korean Wave (Hallyu) ini berhasil mempengaruhi kehidupan masyarakat dunia. Fenomena ini mendapatkan respon yang cukup besar terutama di kalangan remaja. Kondisi ini membuat banyak remaja penggemar Kpop menjadi semakin adiktif tehadap budaya Korea. Memfokuskan diri pada makna Kpop di kalangan remaja maka penelitian ini mengangkat rumusan masalah sebagai berikut : 1. Bagaimana remaja dalam komunitas KLOSS memaknai Kpop? 2. Bagaimana fenomena Kpop ini dapat mendorong para remaja penggemar budaya Kpop menjadi lebih konsumtif? 3. Bagaimana dampak intensitas pertemuan dalam keanggotaan komunitas KLOSS bagi gaya hidup anggotanya? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teori Cultural studies dan dilengkapi dengan teori interaksi simbolik. Penentuan informan dengan teknik snowball. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dianalisis secara kualitatif, yaitu data yang didapat ditranskrip kedalam bentuk tulisan dan diintepretasikan serta dikaitkan dengan teori. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa meningkatnya perilaku adiktif terhadap budaya Kpop sehingga menjadi bagian dari gaya hidup para remaja penggemar budaya Kpop. Remaja yang sudah adiktif dengan budaya Kpop ini cenderung untuk mengembangkan budaya konsumtif yang cukup besar. Keterlibatan remaja penggemar Kpop dalam komunitas KLOSS tidak hanya sekedar bentuk kefanatikan tetapi sebagai tempat untuk memfasilitasi kedekatan idola dengan fansnya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 TSO. 18/13 Paa m
Uncontrolled Keywords: Korean Populer, teenagers
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
MONICA PAATH, 071147002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBagong Suyanto, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 09 Aug 2016 09:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37250
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item