Pengaruh Ekstrak Enzim Achatina fulica (Siput) dan Kanamisin Terhadap PENINGKATAN AKTIVITAS FLUKONAZOL DALAM MENGERADIKASI BIOFILM CANDIDA ALBICANS SECARA IN VIVO

GALUH RATMANA HANUM, 081142003 (2013) Pengaruh Ekstrak Enzim Achatina fulica (Siput) dan Kanamisin Terhadap PENINGKATAN AKTIVITAS FLUKONAZOL DALAM MENGERADIKASI BIOFILM CANDIDA ALBICANS SECARA IN VIVO. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-hanumgaluh-27159-4.abstr-k.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-hanumgaluh-27159-1.full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada selaput mukosa saluran pencernaan, pernafasan, vagina, uretra serta kulit manusia dapat tumbuh Candida sebagai flora normal. Salah satu spesies Candida yang banyak menimbulkan berbagai penyakit adalah Candida albicans. Apabila Candida albicans telah membentuk biofilm, maka Candida albicans akan resisten terhadap berbagai macam antifungi diantaranya adalah flukonazol. Tujuan penelitian adalah mengetahui pembentukan biofilm Candida albicans pada membran mukosa usus secara in vivo, mengetahui pengaruh ekstrak enzim Achatina fulica (siput) dan kanamisin sebagai anti biofilm matriks ekstraseluler terhadap kerja flukonazol dalam eradikasi Candida albicans secara in vivo. Pada penelitian ini dibuat model biofilm Candida albicans in vivo pada mukosa usus tikus putih Wistar untuk mendeteksi keberadaan biofilm Candida albicans. Kemudian biofilm Candida albicans diberi perlakuan dengan ekstrak enzim Achatina fulica, kanamisin, dan antifungi. Identifikasi biofilm Candida albicans dilakukan secara makroskopis, mikroskopis dengan SEM, dan uji kolonisasi membran mukosa usus. Dapat disimpulkan bahwa model biofilm Candida albicans in vivo dalam mukosa membran usus hewan coba tikus Wistar dapat diamati secara makroskopis dan ditandai dengan terbentuknya lapisan berwarna putih yang tidak mudah dilepas larutan PBS. Adapun secara mikroskopis menggunakan SEM menunjukkan miselium yang melapisi mukosa membran usus. Penggabungan antara ekstrak enzim dari cairan digestif Achatina fulica dan ligan protein Bgl2 (kanamisin) mampu meningkatkan kinerja flukonazol, dan dapat digunakan untuk eradikasi Candida albicans secara in vivo.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TK . 02/13 Han p
Uncontrolled Keywords: Candida albicans, biofilm, flukonazol, ekstrak enzim Achatina fulica, ligan protein Bgl2
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
S Agriculture > SF Animal culture > SF409 Small animal culture
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia (S2)
Creators:
CreatorsNIM
GALUH RATMANA HANUM, 081142003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPurkan, Dr., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorAfaf BaktirUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 08 Aug 2016 04:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37311
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item