PERCEPTUAL MAPPING BERDASARKAN ATRIBUT SEBAGAI DASAR DALAM POSITIONING KORAN CETAK SURYA DI SURABAYA

BAMBANG HARYADI, 041043128 MM (2013) PERCEPTUAL MAPPING BERDASARKAN ATRIBUT SEBAGAI DASAR DALAM POSITIONING KORAN CETAK SURYA DI SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-haryadibam-27609-9.abstr-t.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-haryadibam-27609-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Meskipun di banyak tempat bisnis koran cetak bertumbuh negatif dan bahkan telah ditutup, namun di berbagai tempat lain dilaporkan masih ada peluang untuk menarik minat pembaca muda. Bahwa pembaca usia lebih dari 18 tahun masih lebih memilih koran cetak daripada internet. Manajemen dapat memanfaatkan peluang semacam ini, dengan membangun persepsi pembaca dewasa muda melalui strategi positioning. Penelitian ini ingin mengetahui persepsi pembaca dewasa muda yang ada di Surabaya terhadap pentingnya atribut suatu koran cetak, kinerja atribut dari beberapa koran cetak, peta perseptual berdasarkan atribut, dan positioning koran cetak SURYA di antara pesaing utamanya. Penelitian ini dilaksanakan melalui metode survey terhadap 303 pembaca kelompok dewasa muda dan wawancara kepada praktisi dan pengamat media di Surabaya. Kemudian data dianalisis melalui metode seperti analisis deskriptif, analisis Euclidian Distance, dan analisis Importance-Performance. Teknik-teknik statistik yang dipakai adalah uji validitas dan reliabilitas data, kemudian uji hipotesis terhadap signifikansi model. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa persepsi pembaca dewasa muda terhadap kinerja dari sebuah koran cetak berada pada posisi yang lebih rendah dari persepsi mereka terhadap pentingnya isi berita, fitur koran, maupun disain dan gaya bagi sebuah koran cetak. Kemudian, persepsi dari pembaca dewasa muda terhadap kinerja koran cetak SURYA berada pada posisi yang sedikit lebih rendah dari pesaing utama tetapi berada pada posisi yang lebih tinggi dari pesaing lainnya. Atribut yang berkait dengan disain dan gaya sebuah koran cetak, seperti disain yang lebih kreatif dan gaya yang lebih elegan, dapat menyediakan sebuah pilihan yang baik bagi manajemen untuk menempatkan, koran cetak SURYA, di pikiran para pembaca, baik di segmen kelompok dewasa muda atau pun di ceruk kelompok usia > 30 tahun.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM. 26/13 Har p
Uncontrolled Keywords: Perception of newspaper readers, Newspaper printing attributes,Perceptual map, Positioning printed newspaper, The print newspaper features, Design and style of print newspapers
Subjects: A General Works > AN Newspapers
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
BAMBANG HARYADI, 041043128 MMUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHj. Indrianawati Usman, Dr., S.E., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2016
Last Modified: 16 Aug 2016 08:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37438
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item