PENGUNGKAPAN INFORMASI HUMAN CAPITAL DALAM LAPORAN TAHUNAN PT PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA TIMUR

HEIDY ARDIAN TANJUNG, 041142001 (2013) PENGUNGKAPAN INFORMASI HUMAN CAPITAL DALAM LAPORAN TAHUNAN PT PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA TIMUR. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-tanjunghei-27708-4.abst-k.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-tanjunghei-27708-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perusahaan mengubah bisnisnya yang didasarkan pada tenaga kerja (labor based-business) menuju bisnis berdasarkan pengetahuan (knowledge basedbusiness). Adanya perubahan proses bisnis, menimbulkan berbagai pemahaman baru mengenai proses produksi, peran konsumen, dan juga pandangan perusahaan terhadap peran penting sumber daya manusia yang memiliki dampak pada laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Human Capital dalam laporan keuangan tahunan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur. Di dalam penelitian ini, pengungkapan dalam laporan neraca ditampilkan sebagai aktiva yaitu Investasi Sumber Daya Manusia dan biaya yaitu Kewajiban Lain-lain. Sedangkan di Laporan Laba Rugi disajikan dalam Biaya Amortisasi Sumber Daya Manusia. Berdasarkan perhitungan amortisasi dapat disimpulkan bahwa dengan penyajian Intellectual Capital yang diungkapkan dalam laporan keuangan tahunan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur diperoleh hasil bahwa nilai laba bersih didalam Laporan Laba Rugi, nilainya lebih besar jika dilakukan amortisasi akan sumber daya manusia, dan dalam laporan neraca diketahui pula, bahwa perusahaan mengakui kepemilikan asset yang bertambah dengan mengakui Human Capital sebagai asset. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa, Human Capital merupakan asset yang berharga bagi perusahaan. Karena dengan kemampuan berupa ide, karya, inovasi, gagasan, ideologi terbukti membantu perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan yaitu profit.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA.12/13 Tan p
Uncontrolled Keywords: Human Capital, Pengungkapan Human Capital dalam Laporan Tahunan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
HEIDY ARDIAN TANJUNG, 041142001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. Basuki, Drs., M.Com.(Hons)., PhD., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2016
Last Modified: 18 Aug 2016 04:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37464
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item