SITI NURUL SYA'DIYAH, 101141038 (2013) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL ORANG TUA DENGAN ANAK MELALUI BERMAIN PADA KEMATANGAN SOSIAL ANAK USIA 4 - 6 TAHUN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-syadiyahsi-27760-5.abstr-k.pdf Download (260kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-syadiyahsi-27760-full text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Dengan terjadinya krisis ekonomi yang berkepanjangan akhir – akhir ini menuntut kedua orang tua untuk sama – sama bekerja demi memenuhi kebutuhan rumah tangga. Akibatnya interaksi orang tua dengan anak menjadi berkurang dan hal ini dapat berdampak pada perkembangan kematangan sosial anak. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengarug interaksi sosial orang tua dengan anak melalui bermain pada kematangan sosial anak. Metode penelitian ini true exprerimen dengan cross over design. Sebagai populasinya adalah anak dan orang tua di TK A dan B di Desa Sumuragung Sumberrejo Bojonegoro dengan jumlah sample 36 responden melalui tehnik Stratified Random Sampling, kemudian secara random dibagi menjadi dua yaitu kelompok A dan kelompok B masing masing terdiri dari 18 responden. Kemudian dilakukan intervensi murni dan tidak murni bergantian secara cross over. Intervensi murni (IM) adalah bermain secara interaktif orang tua dengan anak dan intervensi tidak murni ( ITM) adalah bermain tanpa interaksi dengan orang tua.Sebagai variabel bebas adalah interaksi melalui bermain dengan orang tua dan variabel tergantung adalah kematangan sosial anak. Hasil penelitian didapat perbedaan yang bermakna antara kematangan sosial anak setelah diberikan intervensi murni dan setelah diberikan intervensi tidak murni yaitu p = 0,024 < 45; 0,05. Kesimpulan : Interaksi orang tua dengan anak melalui bermain sangat efektif terhadap peningkatan kematangan sosial anak. Sebagai saran para orang tua hendaknya dapat menyempatkan waktu untuk berinteraksi salah satunya melalui bermain dengan anak.
Actions (login required)
View Item |