ASPEK HUKUM IKLAN ONLINE

Andono Kristanto, 090010004MH (2004) ASPEK HUKUM IKLAN ONLINE. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2010-kristantoa-12227-th1710-k.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2010-kristantoa-11160-th1710-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini, e-commerce telah menjadi pilihan utama bagi para pelaku usaha untuk mempromosikan produk atau jasa-nya, karena dengan melalui e-commerce, dapat diperoleh beberapa keuntungan baik bagi para pelaku usaha maupun bagi para konsumen, namun terdapat dua hal yang paling mendasar yang perlu untuk diperhatikan dalam mengantisipasi dampak negatif dari e-commerce tersebut. Pertama, e-commerce merupakan hasil temuan manusia yang mana tentunya senantiasa mempunyai kelemahan-kelemahan dalam sistem teknisnya. Kedua, e-commerce mempunyai ketidakpastian dalam segi jaminan kepastian hukum (berkenaan dengan masalah pilihan hukum, yurisdiksi dan penegakan hukum) yang hingga saat ini masih menjadi perhatian yang sangat besar para ahli hukum di dunia. Keberadaan suatu peraturan hukum yang secara khusus mengatur mengenai e-commerce dan aplikasi-aplikasi didalamnya termasuk mengenai iklan online sangatlah dibutuhkan. Hal itu dimaksudkan untuk menciptakan suatu kepastian hukum bagi para pengguna internet baik dari kalangan produsen/pelaku usaha maupun bagi konsumen. Dan untuk itu pemerintah harus segera menyusun dan/atau mensahkan suatu peraturan hukum khusus mengenai e-commerce beserta aplikasi-aplikasinya. Mengenai upaya penyelesaian sengketa konsumen dalam e-commerce, sebaiknya pemerintah juga berupaya untuk mengadakan perjanjian baik itu bersifat bilateral maupun multilateral guna adanya suatu persamaan persepsi mengenai aturan-aturan (baik hukum maupun etik) yang digunakan dalam menyelesaikan sengketa konsumen di internet, sehingga kepastian hukum dapat lebih mudah diciptakan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TH 17 /10 Kri a
Uncontrolled Keywords: e-commerce, iklan online, peraturan hukum e-commerce, perlindungan konsumen
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
Andono Kristanto, 090010004MHUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPeter Machmud Marz uki, Dr., S.H., M.S., LL.M.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 06 Aug 2016 16:05
Last Modified: 06 Aug 2016 16:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37619
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item