PERJANJIAN TRANSFER DANA DALAM PRAKTEK PERBANKAN DI INDONESIA

Madonna Ruth Dhamayanti, 030510623 N (2009) PERJANJIAN TRANSFER DANA DALAM PRAKTEK PERBANKAN DI INDONESIA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2010-dhamayanti-12556-tmk571-k.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2010-dhamayanti-11468-tmk.571-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perjanjian transfer dana adalah perjanjian tidak bernama (onbenoemde contracten) yang lahir dari asas kebebasan berkontrak yang mengandung unsur perjanjian melakukan perbuatan tertentu, yaitu perbuatan transfer dana yang dilakukan oleh bank. Dengan demikian perjanjian transfer dana tunduk pada ketentuan-ketentuan umum tentang perikatan dalam Buku III BW, khususnya untuk menentukan syarat-syarat keabsahan perjanjian transfer dana. Dalam praktek perbankan, saat terjadinya perjanjian transfer dana adalah saat dilakukan pengaksepan oleh bank pengirim terhadap perintah transfer dana dari pihak pengirim yang dituangkan dalam formulir/aplikasi permohonan transfer dana. Pengaksepan dilakukan oleh pihak bank pengirim pada saat penerimaan perintah transfer dana dan tidak melakukan penolakan terhadap perintah transfer dana tersebut. Hal pengaksepan ini perlu ditelaah karena berkaitan dengan tanggung gugat bank atas transaksi transfer dana yang dilaksanakannya. b. Sebagai suatu perjanjian tak bernama yang lahir berdasarkan asas kebebasan berkontrak, maka dalam perjanjian transfer dana perlu dicantumkan klausula-klausula yang melindungi kepentingan kedua belah pihak. Dalam praktek perbankan, klausula-klausula dalam perjanjian transfer dana sudah dibuat secara baku dalam bentuk masal yang dicantumkan dibalik formulir/aplikasi permohonan transfer dan mencantumkan klausula eksonerasi yang menempatkan pihak pengirim pada posisi yang lemah (tidak mempunyai posisi tawar). Dengan memahami hak dan kewajibannya, pihak pengirim dapat melakukan antisipasi agar tidak terjadi kegagalan/kesalahan pembayaran dengan cara: - mengisi formulir dengan jelas dan memastikan bahwa rekening yang dituju adalah benar; - memastikan tersedianya dana di rekeningnya yang akan digunakan untuk transfer dana; Namun jika ternyata terjadi kegagalan/kesalahan transfer dana yang terjadi di luar kesalahannya, maka pihak pengirim dapat mengajukan gugatan kepada bank pengirim atas kerugian yang dialaminya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK. 57/10 Dha p
Uncontrolled Keywords: Perjanjian; transfer dana
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1710-1710.5 Electronic funds transfers
K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB810-962.8 Obligations. Contracts and transactions
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
Madonna Ruth Dhamayanti, 030510623 NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Handayani, Dr., S.H., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 01 Aug 2016 04:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37770
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item