ASPEK KONTRAKTUAL DALAM LEMBAGA CORPORATE GUARANTEE

VERONICA SRI RAHAYUNINGTYAS, 030810573 N (2010) ASPEK KONTRAKTUAL DALAM LEMBAGA CORPORATE GUARANTEE. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2011-rahayuning-16901-tmk208-k.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2011-rahayuning-14228-tmk208-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lembaga Corporate Guarantee sebagai salah satu bentuk lembaga jaminan perorangan, pada dasarnya adalah merupakan perjanjian penanggungan utang ( borgtocht ), sebagaimana diatur dalam Buku III BW, Bab XVII, Pasal 1820 BW sampai dengan Pasal 1850 BW. Sedangkan pengertian lembaga Corporate Guarantee sendiri adalah merupakan suatu jaminan berupa janji atau pernyataan kesanggupan yang diberikan oleh perusahaan penanggung untuk memenuhi kewajiban debitur, manakala debitur sendiri wanprestasi. Jadi dalam lembaga Corporate Guarantee, ada 3 ( tiga ) pihak yang saling berkaitan yaitu pihak kreditur, debitur dan pihak ketiga ( dalam bentuk perusahaan ) yang bertindak sebagai penanggung ( borg, guarantor ). Perjanjian utang piutang yang terjadi antara kreditur dan debitur merupakan perjanjian pokok, sedangkan perjanjian Corporate Guarantee antara kreditur dengan pihak ketiga / penanggung merupakan perjanjian tambahan ( accessoir ). Dalam praktek dunia perbankan eksistensi lembaga Corporate Guarantee kurang mendapatkan perhatian sebagai jaminan kredit. Hal ini disebabkan karena dalam lembaga Corporate Guarantee, pihak penanggung tidak memberikan suatu kebendaan tertentu untuk diikat sebagai jaminan kredit , melainkan perusahaan penanggunglah yang mengikatkan diri untuk menjamin ( melunasi ) utang debitur manakala debitur sendiri sudah tidak mampu untuk memenuhi kewajibannya. Kondisi ini akan membawa konsekuensi hukum jika debitur wanprestasi, maka seluruh aset / harta kekayaan perusahaan penanggung akan berfungsi sebagai jaminan pelunasan utang debitur. Selain itu kedudukan kreditur dalam hal pengembalian / pelunasan utang debitur hanyalah sebagai kreditur konkuren. Sasaran utama dalam penulisan tesis ini adalah untuk mengetahui dan memahami konsep – konsep hukum yang berkaitan dengan karakteristik dan keabsahan perjanjian Corporate Guarantee, serta bagaimana bentuk tanggung gugat dan akibat hukumnya bagi penanggung manakala debitur wanprestasi. Semoga penulisan tesis ini dapat menjadi bahan bacaan yang bermanfaat dan dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi pembacanya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 208 / 10 Rah a
Uncontrolled Keywords: Karakteristik, Keabsahan , Tanggung Gugat, Wanprestasi, Corporate Guarantee.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2709-2930.7 Corporations
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7260-7338 Obligations > K7265-7305 Contracts
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
VERONICA SRI RAHAYUNINGTYAS, 030810573 NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. Sogar Simamora, Prof.,Dr.,S.H.,M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 02 Sep 2016 13:21
Last Modified: 02 Sep 2016 13:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37875
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item