PERJANJIAN KERJASAMA OPERASIONAL RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) DALAM PENGELOLAAN ALAT KESEHATAN

RUDY PERKINS P. MARPAUNG, 030810737 M (2011) PERJANJIAN KERJASAMA OPERASIONAL RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) DALAM PENGELOLAAN ALAT KESEHATAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2011-marpaungru-19644-thb061-k.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2011-marpaungru-16408-thb0611.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sampai saat ini belum terdapat ketentuan perundang-undangan yang khusus (Lex Spesialis) mengatur tentang Perjanjian Kerjasama Operasional (KSO) antara instansi Pemerintah dan badan swasta, baik mengenai syarat-syarat, prosedur, maupun materi muatan minimal yang harus tertuang dalam Perjanjian Kerjasama Operasional. Peraturan yang ada hanya bersifat sektoral atau tersebar dalam berbagai bidang. Perjanjian Kerjasama Operasional (KSO) merupakan jenis perjanjian yang banyak digunakan dalam praktek kegiatan komersial, termasuk oleh Pemerintah. Jenis perjanjian ini lahir dan berkembang dalam praktek bisnis. Landasan hukum perjanjian ini terutama berdasarkan pada prinsip kebebasan berkontrak, sehingga belum terdapat keseragaman dalam menggunakan format Perjanjian Kerjasama Operasional. Batasan perjanjian kerjasama ini juga masih belum jelas, sehingga norma hukum yang berlaku terutama adalah berdasarkan kesepakatan bersama antara para pihak. Perjanjian Kerjasama Operasional (KSO) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dalam pengelolaan alat kesehatan didefinisikan sebagai kesepakatan antara RSUD dengan pihak swasta, dimana masing-masing pihak memberikan kontribusi baik berupa sumber dana, sumber daya dan fasilitas yang dimilikinya. Perjanjian kerjasama antara RSUD dengan pihak swasta ini menganut prinsip pembagian keuntungan dan pembebanan resiko bersama, secara jujur dan adil serta berdasarkan kesepakatan bersama yang ditetapkan dalam perjanjian.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THB 06 / 11 Mar p
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Alat Kesehatan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
RUDY PERKINS P. MARPAUNG, 030810737 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYohanes Sogar Simamora, Prof.,Dr.,S.H.,M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 11 Jul 2016 03:01
Last Modified: 11 Jul 2016 03:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37992
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item