SEKSUALITAS DALAM KUMPULAN CERPEN "JANGAN MAIN MAIN DENGAN KELAMINMU" KARYA DJENAR MAESA AYU

Endah Fransisca Anugraning Widhi, 090810528 M (2013) SEKSUALITAS DALAM KUMPULAN CERPEN "JANGAN MAIN MAIN DENGAN KELAMINMU" KARYA DJENAR MAESA AYU. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-widhiendah-30522-9.abstr-k.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-widhiendah-30522-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Judul tesis ini adalah "Seksualitas Dalam Kumpulan Cerpen Jangan Main-Main (dengan kelaminmu) ". Peneliti tertarik untuk menggunakan topik tersebut karena seksualitas dalam novel ini adalah sesuatu yang tidak biasa dan menjadi bahasan yang sedang digemari oleh masyarakat. Peneliti ingin mengetahui bagaimana seksualitas diartikulasikan dan dinyatakan sebagai produk sastra pada era 2000an. Peneliti juga ingin mengetahui apakah kumpulan cerpen Djenar ini termasuk karya sastra yang memiliki karakteristik era 2000an. Begitu banyak hal dalam novel yang berbicara tentang hubungan yang tidak biasa, seperti hubungan seksual antara ayah dan anak, perselingkuhan, prostitusi, dan banyak lagi. Itu adalah kompilasi cerita pendek yang memiliki hubungan antara satu cerita ke cerita lain. Kumpulan cerpen ini ingin menunjukkan tentang moral, empati, dan kritik sosial. Dalam membahas tesis ini, peneliti menggunakan analisis wacana Michel Foucault. Peneliti ingin menggali lebih dalam tentang seksualitas dari perspektif Michel Foucault. Peneliti akan membahas tentang seksualitas dari kekuasaan, kebenaran, dan bahasa. Peneliti juga menjelaskan karya sastra dari era Balai Pustaka sampai tahun 2000 era. Hal tersebut dimaksudkan untuk membandingkan karya sastra dari era Balai Pustaka sampai era 2000an. Peneliti ingin melihat apakah penerbit mempunyai peran yang menentukan dalam sebuah tema karya sastra. Selain itu, penulis ingin menjelajahi lebih lanjut tentang alasan Djenar dengan menulis novel dengan topik seksualitas. Setelah melakukan penelitian, peneliti menemukan bahwa kumpulan cerpen Djenar ini termasuk karya sastra era 2000an dengan karaketiristik yang menggunakan kata-kata lugas dan berani.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 TSK. 13/14 Wid s
Uncontrolled Keywords: Kumpulan Cerpen, Karya Djenar Maesa Ayu
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ19-30.7 Sexual behavior and attitudes. Sexuality
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1-6790 Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1865-1988 Special types
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Endah Fransisca Anugraning Widhi, 090810528 MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmah Ida, Dra., M.Comms., Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorDede Oetomo, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 29 Aug 2016 12:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38624
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item