Vita Monica, 071148013 (2013) PROSES KOMUNIKASI PERUSAHAAN PENERBANGAN DENGAN FOLLOWER MELALUI TWITTER. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-monicavita-30523-7.abstr-k.pdf Download (120kB) | Preview |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
gdlhub-gdl-s2-2014-monicavita-30523-halamandepan.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) | Request a copy |
||
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-monicavita-30523-fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
gdlhub-gdl-s2-2014-monicavita-30523-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan industri penerbangan serta semakin tingginya persaingan di bidang tersebut, memaksa perusahaan menemukan cara baru untuk dapat bersentuhan langsung dengan pelanggan. Perusahaan memanfaatkan teknologi sosial media yang memiliki kemampuan berinteraksi secara real-time. Twitter adalah sosial media yang digunakan oleh perusahaan penerbangan untuk melakukan proses komunikasi dengan pelanggan. Proses komunikasi yang dilakukan perusahaan melalui Twitter adalah mengirimkan pesan kepada pelanggan, selanjutnya pelanggan memberikan tanggapan kepada perusahaan. Percakapan yang terjadi tersebut menjadi bagian penting ketika perusahaan memutuskan untuk membina hubungan dengan pelanggan melalui Twitter. Analisis isi digunakan untuk mengetahui isi dari tweet yang diposting oleh perusahaan dan feedback yang diberikan oleh follower. Subyek dalam penelitian ini Garuda Indonesia, AirAsia Indonesia, Merpati Nusantara Airlines, dan Tigerair Mandala. Waktu pelaksanaan penelitian ini bulan Juni-Agustus 2013. Dalam penelitian ini, diketahui pemanfaatan Twitter dalam melakukan proses komunikasi antara perusahaan penerbangan dengan follower paling banyak digunakan untuk penyelesaian masalah, melakukan promosi, serta memberikan informasi seputar perusahaan.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK - 2 TSK. 14/14 Mon p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | communications process, social media, Twitter, airlines, customer | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Duwi Prebriyuwati | ||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2017 21:19 | ||||||
Last Modified: | 10 Jul 2017 21:20 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38625 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |