REPRESENTASI KOMODIFIKASI TUBUH DAN KECANTIKAN DALAM TIGA NOVEL TEEN-LIT INDONESIA: THE GLAM GIRLS SERIES.

REZA R. AZIZAH, 121141021 (2013) REPRESENTASI KOMODIFIKASI TUBUH DAN KECANTIKAN DALAM TIGA NOVEL TEEN-LIT INDONESIA: THE GLAM GIRLS SERIES. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-azizahreza-30873-10.abst-k.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-azizahreza-30873-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tesis ini, melalui pendekatan sosiologi sastra yang menjembatani karya sastra dengan realita yang melahirkannya, mencoba membuktikan peran ideologi konsumerisme dan mitos kecantikan yang dilahirkannya dalam membentuk perilaku komodifikasi tubuh melalui penggambaran karakter para tokoh utama di dalam novel, Rashi, Maybella dan Adrianna, serta bagaimana hal tersebut berpengaruh terhadap status sosial dan citra diri mereka sebagai perempuan di mata lingkungannya. Menggunakan metode kualitatif, data-data yang digunakan dalam tesis ini adalah objek penelitian itu sendiri dan segala sumber kepustakaan yang dirasa sesuai. Diskusi tentang tubuh dalam budaya konsumerisme oleh Mike Featherstone serta kritik terhadap mitos kecantikan oleh Naomi Wolf digunakan sebagai landasan teori yang beroperasi pada bagian pembahasan. Pertama, menggunakan teori oleh Featherstone, tesis ini menemukan keterkaitan antara budaya konsumerisme dengan bentuk-bentuk komodifikasi tubuh yang dilakukan oleh para tokoh utama kemudian menganalisa bagaimana hal tersebut berpengaruh terhadap status sosial mereka di lingkungannya. Kedua, tesis ini menemukan bahwa representasi budaya konsumerisme di dalam novel berperan signifikan dalam membentuk persepsi tentang mitos kecantikan yang diadopsi oleh para tokoh utama. Yang terakhir, melalui pendekatan feminis tentang mitos kecantikan oleh Naomi Wolf, tesis ini menjelaskan bagaimana mitos kecantikan membentuk pemikiran dan perilaku para tokoh utama terhadap diri mereka sendiri dan teman-teman perempuan mereka.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TKSB 03/14 Azi r
Uncontrolled Keywords: Konsumerisme, komodifikasi, mitos kecantikan, feminisme.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ1101-2030.7 Women. Feminism
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1-6790 Literature (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > S2 Kajian Sastra dan Budaya
Creators:
CreatorsNIM
REZA R. AZIZAH, 121141021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Wulan, Dra., MA., Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorPuji Karyanto, S.S., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 29 Aug 2016 11:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38631
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item