DIMAS BAGUS CAESAR RADITYO, 040810316 (2014) PERANCANGAN PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERFORMANCE PRISM DARI SISI FACET/FRAMEWORK STRATEGY PADA PERUSAHAAN PRODUKSI SEPATU UD. PATRIOT MOJOKERTO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-radityodim-32847-5.abstr-k.pdf Download (324kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-radityodim-32847-full text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk merancang sistem pengukuran kinerja pada perusahaan produksi sepatu UD. Patriot Mojokerto dengan model Performance Prism pada sisi facet strategi. Selama ini, perusahaan UD. Patriot belum pernah melakukan pengukuran kinerja sehingga pemilik (owner) tidak mengetahui kondisi perusahaan sebenarnya terutama dari sisi strategi yang mereka gunakan untuk tetap bisa bertahan. Oleh karena itu, dilakukan perancangan sistem pengukuran kinerja untuk mengetahui bagaimana kinerja perusahaan. Dari kondisi objektif perusahaan produksi sepatu UD. Patriot Mojokerto, model yang tepat digunakan adalah model Performance Prism dibanding model lain. Metode ini dikerjakan dalam dua arah yaitu dengan mempertimbangkan apa kebutuhan dan keinginan dari semua stakeholder yang akan dijadikan dasar utuk menyusun KPI untuk kemudian dibobotkan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) guna mengetahui struktur hierarkinya dan tingkat bobot kepentingan masing-masing KPI. Hasil rancangan menunjukkan bahwa, stakeholder UD. Patriot Mojokerto meliputi: konsumen, karyawan, supplier, pemilik/investor. Para stakeholder memiliki stakeholder contribution dan stakeholder satisfaction yang kemudian di analisis untuk mengetahui apa kebutuhan dan kontribusinya terhadap perusahaan. Hasil dari analisis keduanya digunakan untuk menentukkan indikator-indikator penentuan Key Performance Indicator (KPI) pada sisi facet / framework strategy perusahaan meliputi Corporate Strategy, Business Unit Strategy, Brand,Product,and Service Strategy serta Operating Strategy.Terdapat 27 KPI yang terdiri dari 6 KPI konsumen, 10 KPI karyawan, 5 KPI investor dan 6 KPI supplier. Dari hasil implementasi sistem pengukuran kinerja dengan proses scoring system menggunakan metode Analytical Hierarchy Proces ( AHP ) menunjukkan stakeholder yang sangat mempengaruhi kinerja UD.Patriot adalah stakeholder konsumen dengan bobot AHP sebesar 0,507 dan dengan nilai inkonsistensi 0,07. Sedangkan Facet of strategy yang paling mempengaruhi peran stakeholder konsumen pada kinerja perusahaan UD.Patriot adalah corporate strategy dengan bobot AHP sebesar 0,674 dan dengan nilai inkonsistensi 0,08.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B. 147/14 Rad p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Performance, Stakeholder, Performance Prism, Analytical Hierarchy Process (AHP). | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Duwi Prebriyuwati | ||||||
Date Deposited: | 13 Jun 2017 17:35 | ||||||
Last Modified: | 13 Jun 2017 17:35 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38763 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |