ANALISIS PENGARUH PAPARAN DEBU KAYU TERHADAP FAAL PARU (Studi Pada Usaha Mebel UD. Suro Lestari Kecamatan Semen Kabupaten Kediri)

SAMIK MUNAWAR, 101142011 (2014) ANALISIS PENGARUH PAPARAN DEBU KAYU TERHADAP FAAL PARU (Studi Pada Usaha Mebel UD. Suro Lestari Kecamatan Semen Kabupaten Kediri). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-munawarsam-33705-9.abstr-k.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-munawarsam-33705-1.fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terhadap faktor yang mempengaruhi faal paru pada pekerja mebel UD. Suro Lestari di Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilakukan dengan metode observasional dengan rancang bangun penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Simple Random Sampling didapat sampel sebesar 28 pekerja. Pengukuran data dilakukan dengan cara tanya jawab, observasi di tempat kerja, pengukuran tinggi badan, berat badan, kadar debu total dan pengukuran faal paru. Hasil penelitian menunjukkan kadar debu di lokasi pekerjaan finishing 17,45 mg/Nm3 dan dilokasi pekerjaan umum 3,02 mg/Nm3. Hasil pengukuran faal paru pada pekerja dengan alat spirolab III ver. 2.7 menunjukkan bahwa 11 (39,3 %) pekerja memiliki faal paru tidak normal dan 17 (60,7 %) pekerja lainya memiliki faal paru normal. Hasil analisis statistik menggunakan uji Chi-Square atau uji Fisher menunjukkan hubungan bermakna antara kadar debu kayu (p= 0,008), lama kerja (p = 0,019) dan penggunaan masker (p = 0,003) terhadap faal paru. Hasil uji regresi logistik menunjukkan paparan debu kayu, lama kerja dan penggunaan masker berpengaruh terhadap faal paru. Untuk menghindari timbulnya faal paru tidak normal maka diperlukan penggunaan Local Exhaust Ventilation untuk mengurangi konsentrasi debu kayu di tempat kerja, pengurangan lama kerja dan penerapan penggunaan masker saat bekerja. Kesimpulan : Terdapat pengaruh paparan debu kayu, lama kerja dan penggunaan masker terhadap faal paru, dimana pekerja yang terpapar debu kayu di lokasi pekerjaan finishing dan tidak menggunakan masker memiliki kemungkinan lebih besar memiliki faal paru tidak normal.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK. TKK. 06-14 Mun a
Uncontrolled Keywords: wood dust exsposure, the use of mask, lung function
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
T Technology > TS Manufactures > TS840-915 Wood products. Furniture
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
SAMIK MUNAWAR, 101142011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. Denny Ardyanto W., Dr., Ir., M.SUNSPECIFIED
Thesis advisorLilis Sulistyorini, Dr., Ir., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 13 Jun 2017 19:36
Last Modified: 13 Jun 2017 19:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38889
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item