INKONSISTENSI KEPUTUSAN TERHADAP REGULA ADAT (Kajian Atas Interaksi Simbolik Masyarakat Kelurahan Waibalun yang menggunakan Barang Materiil dalam Pembicaraan tentang Welin)

F.X. WIGBERTUS LABI HALAN, 071214753010 (2014) INKONSISTENSI KEPUTUSAN TERHADAP REGULA ADAT (Kajian Atas Interaksi Simbolik Masyarakat Kelurahan Waibalun yang menggunakan Barang Materiil dalam Pembicaraan tentang Welin). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-halanfxwig-33851-4.abstr-k.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-halanfxwig-33851-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus studi ini menjelaskan proses yang melahirkan keputusan penggunaan barang materiil (gading, uang, dan tanah) di kelurahan Waibalun, Kabupaten Flores Timur ketika membahas tentang welin. Pembicaraan tentang welin (nilai seorang ibu) dilakukan ketika ada anggota suku yang meninggal. Dalam peraturan adat, pembicaraan tentang welin tidak melahirkan konsekuensi materiiil. Keputusan adat (saat ini) yang melahirkan tuntutan berupa terhadap terhadap regula adat. Untuk menjelaskan persoalan ini digunakan kerangka berpikir interaksionisme simbolik. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, khususnya metode introspeksi simpatetik yang ditawarkan Blumer. Teknik yang digunakan untuk menggali dan mengolah informasi adalah observasi dan wawancara, serta metode kepustakaan. Dan untuk menentukan informan digunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inkonsistensi terjadi karena tokoh yang membuat keputusan (dalam urusan adat disebut belake) menggunakan forum adat pembicaraan tentang welin untuk memperjuangkan kepentingannya. Hal ini terjadi karena nilai yang ada di masyarakat tidak punya cukup kekuatan untuk mengontrol keputusan belake. Situasi ini yang disebut entropi kebudayaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSO 10/14 Hal i
Uncontrolled Keywords: inconsistency, meaning, status, Welin, cultural entropy.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV3176-3199 Special classes. By race or ethnic group
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
F.X. WIGBERTUS LABI HALAN, 071214753010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHotman Siahaan, Prof., Dr.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 11 Aug 2016 02:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38929
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item