ANALISIS PROSES PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001-2008 TERKAIT KLAUSUL ENAM (MANAJEMEN SUMBER DAYA) DI BALAI MONITOR KELAS II SURABAYA

Chairunisyah, 041143043 MM (2014) ANALISIS PROSES PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001-2008 TERKAIT KLAUSUL ENAM (MANAJEMEN SUMBER DAYA) DI BALAI MONITOR KELAS II SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-chairunisy-37624-10.-abst-k.pdf

Download (904kB) | Preview
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
gdlhub-gdl-s2-2014-chairunisy-34066-mm.19-1-y-HALAMANDEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-chairunisy-34066-mm.19-1-y-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
gdlhub-gdl-s2-2014-chairunisy-34066-mm.19-1-y-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Case Study tentang analisis proses penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001-2008 terkait klausul 6 (manajemen sumber daya) di Balmon Kelas II Surabaya, dilihat dari empat dimensi, yaitu: Penyedia Sumber Daya, Sumber Daya Manusia, Infrastruktur dan Lingkungan Kerja. Proses penerapan SMM di Balmon Kelas II Surabaya akan diperbandingkan antara kondisi aktual di lapangan dengan standar yang dipersyaratkan ISO 9001-2008. Sebelum di perbandingkan, perlu diketahui kriteria tujuan yang menjelaskan indikator perbaikan kinerja terkait penerapan ISO 9001-2008. Pencarian kriteria tujuan ini diperoleh dari hasil interview dengan Key Person dan hasil olah data menggunakan metode Analisis Faktor. Data penelitian diperoleh dari 75 sampel responden yang terdiri dari 55 orang pengguna jasa (operator selular) dan 20 orang penyedia jasa (pegawai Balmon Kls II Surabaya). Hasil analisis Faktor menetapkan 3 kriteria tujuan yang dapat menjelaskan indikator perbaikan kinerja yaitu Tingkat complain pengguna jasa berdasarkan kualitas dan kuantitas jasa, Potensi konflik Internal dan Eksternal serta Efisiensi biaya, waktu, dan tenaga. ketiga kriteria tersebut kemudian diolah menggunakan metode Analytical Hierarchy Process untuk menentukan nilai agregat Gap klausul 6 yang ditemukan dari hasil direct observation, Interview dengan 10 orang Key Person, archieval record, literature review. kuesioner, dan linking data to proposition. Hasil olah data AHP menunjukkan bahwa meskipun secara umum proses penerapan SMM ISO 9001-2008 telah berjalan dengan baik, namun masih terdapat GAP pada proses penerapan di klausul 6 yaitu (6.1) penyedia sumber daya, (6.2) sumber daya manusia, dan (6.3) infrastruktur. Penerapan pada klausul 6.2: Sumber Daya Manusia memiliki rata-rata yang paling tinggi sebesar: 0.514 untuk kriteria utama yaitu tingkat complain pengguna jasa. Artinya proses penerapan pada klausul 6.2 (sumber daya manusia) harus segera diselaraskan dengan standar SMM ISO 9001-2008 agar Balmon Kls II Surabaya dapat memenuhi persyaratan produk (jasa) dan memenuhi kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2. MM. 19-14 Cha a
Uncontrolled Keywords: QMS ISO 9001-2008, clause 6 (resource management), Factor Analysis, Analytical Hierachy Process, Case Study
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Q Science > QA Mathematics > QA76.9.D3 Database management and System design
T Technology > T Technology (General) > T59-59.2 Standardization
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Chairunisyah, 041143043 MMUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuparno, Prof., Ir., MSIE., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 05 Jul 2017 17:27
Last Modified: 05 Jul 2017 17:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39022
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item