METODE MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DAN MANAJEMEN PERSEDIAAN BARANG JADI YANG OPTIMAL PADA PT DUPAN ANUGERAH LESTARI - MOJOSARI

DIAN FERRY HARTANTO, 041214353012 (2014) METODE MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DAN MANAJEMEN PERSEDIAAN BARANG JADI YANG OPTIMAL PADA PT DUPAN ANUGERAH LESTARI - MOJOSARI. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-hartantodi-34100-9.abstr-k.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-hartantodi-34100- FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT Dupan Anugerah Lestari merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang produksi pupuk NPK Granule yang memulai kegiatan produksinya pada tahun 2010. Produk yang dihasilkan oleh PT Dupan Anugerah Lestari memiliki merk dagang Pupindo dan telah dipasarkan melalui sembilan kantor pemasaran yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu strategi untuk melakukan efisiensi adalah dengan jalan meminimalisir biaya-biaya yang terjadi untuk kegiatan produksi. Pengelolaan persediaan bahan baku maupun barang jadi yang efisien dapat meningkatkan marjin keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan. Untuk itu, diusulkan penggunaan metode pengendalian bahan baku yang dapat dipilih yaitu : Lot For Lot (LFL), Economic Order Quantity (EOQ), Period Order Quantity (POQ), dan Part Period Balancing (PPB). Sedangkan metode pengendalian barang jadi diusulkan menggunakan metode Economic Production Quantity (EPQ). Proses peramalan kebutuhan produksi juga dibutuhkan untuk meramalkan biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan di masa depan. Terdapat empat metode peramalan yang dapat digunakan, yaitu : Classical Decomposition, Single Exponential Smoothing, Double Exponential Smoothing, dan Winters Method.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2. MM. 37-14 Har m
Uncontrolled Keywords: Lot For Lot (LFL), Economic Order Quantity (EOQ), Period Order Quantity (POQ), Part Period Balancing (PPB), Economic Production Quantity (EPQ), Classical Decomposition, Single Exponential Smoothing, Double Exponential Smoothing, Winters Method.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
DIAN FERRY HARTANTO, 041214353012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHermawanto, Drs., Ec., MS., MBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 02 Aug 2016 04:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39045
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item