ANALISIS RESOURCE BASED VIEW DALAM UPAYA MENCAPAI SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE STUDI KASUS DI PT SEMEN INDONESIA (Persero) Tbk.

WAHYU NUGROHO, 041143067 (2014) ANALISIS RESOURCE BASED VIEW DALAM UPAYA MENCAPAI SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE STUDI KASUS DI PT SEMEN INDONESIA (Persero) Tbk. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-nugrohowah-34105-10.abst-k.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Binder6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Semen adalah salah satu komoditas strategis yang semakin banyak digunakan dalam mendukung pembangunan infrastruktur dan kebutuhan hunian umat manusia. Pertumbuhan perekonomian di Indonesia yang semakin baik mendorong meningkatnya pembangunan infrastruktur dan properti di Indonesia. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi investor dari dalam dan luar negeri yang semakin meramaikan industri persemenan di Indonesia. Persaingan terjadi antara pemain lama dan pemain baru yang berencana dan sedang melakukan pembangunan pabrik baru. Selain Semen Indonesia Group di Indonesia juga terdapat perusahaan persemenan lainnya seperti PT Holcim Indonesia, Tbk., PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, PT Semen Baturaja,. PT Lafarge Cement Indonesia, PT Semen Kupang, dan PT Semen Bosowa. Seiring dengan perkembangan tersebut maka kompetisi antar pemain industri persemenan semakin meningkat. Menghadapi perkembangan ini, setiap perusahaan dituntut untuk mampu mengembangkan dan mengevaluasi daya saing dengan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mempertahankan sustainable competitive advantage dalam persaingan industri. Salah satu cara untuk melakukan analisis sustainable competitive advantage perusahaan adalah dengan melakukan analisa resource based view dengan menggunakan VRIO framework. Tujuan melakukan analisa resource based view adalah untuk mengetahui apakah sumber daya yang dimilki dan dikelola termasuk dalam competitive disadvantage, competitive parity, temporary competitive advantage atau sustainable competitive advantage. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa strategi berbasis sumber daya dalam mendukung tercapainya sustainable competitive advantages di PT Semen Indonesia dinyatakan terbukti. Strategi berbasis sumber daya yang meliputi sumber daya keuangan, fisik, organisasi, teknologi, manusia, inovasi dan reputasi seperti yang telah diuraikan dalam kesimpulan penelitian ini merupakan bukti bahwa sumber daya PT Semen Indonesia merupakan faktor penting keunggulan bersaing berdaya tahan (sustainable competitive advantage).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2. MM. 39-14 Nug a
Uncontrolled Keywords: strategy-based resources, tangible resources, intangible resources, sustainable competitive advantage, VRIO framework.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
WAHYU NUGROHO, 041143067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHandoko Sasmito, F.A. MBA.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 26 Oct 2016 19:02
Last Modified: 02 Jul 2017 18:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39050
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item