JULIET LIUNARDI, 041214353049 (2014) EVALUASI PROGRAM PEMASARAN RUMAH SAKIT UNIVERSITAS AIRLANGGA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-liunardiju-34108-10.abst-k.pdf Download (647kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
Binder4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Kota Surabaya merupakan Rumah Sakit milik Pemerintah Kota Surabaya yang berdiri sejak 3 tahun yang lalu. Jumlah kunjungan pasien yang masih sangat rendah terutama rawat inap terutama disebabkan minimnya informasi mengenai kualitas rumah sakit. Penelitian ini untuk mengetahui kualitas implementasi program pemasaran yang selama ini dilaksanakan oleh RSUA, menganalisa kualitas sehingga mengetahui aspek mana yang selama ini menjadi keuggulan dan kelemahan dari sisi pengguna (pasien), masyarakat, serta informan (staf yang terlibat dalam RSUA). Setelah menganalisa kualitas pelayanan dilanjutkan dengan membuat program pengembangan dengan tahapan menyusun rencana pemasaran dilihat dari aspek marketing mix bidang jasa yang ditujukan untuk memperbaiki kinerja RSUA serta untuk memaksimalkan penggunaan sarana dan prasarana secara optimal untuk pengembangan rumah sakit setiap tahunnya guna menunjang pelayanan yang lebih baik. Metode penelitian ini adalah deskriptif analisis. Proses analisa datanya merupakan penelitian kuantitatif dengan kuisioner yang disebarkan ke pasien dan ke masyarakat sekitar RS dan dengan dibantu dengan wawancara secara kualitatif dengan informan untuk mengetahui data internal rumah sakit. Responden penelitian ini adalah direksi, para staf dan pelaksana pelayanan rumah sakit serta masyarakat sekitar rumah sakit dan pasien rawat jalan serta rawat inap. Dari hasil penelitian didapat dari ke7 aspek marketing mix, aspek people, product dan physical evidence memiliki kualitas yang baik yang merupakan keunggulan RSUA, aspek lainnya yaitu place yang kurang strategis, price yang perlu dilakukan adjustment, process yang masih kurang maksimal, promotion yang masih minim. Diusulkan program perencanaan pengembangan yang sesuai dengan keadaan rumah sakit yang disusun berdasarkan analisa kekuatan dan kelemahan.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2. MM. 42-14 Liu e | ||||||
Uncontrolled Keywords: | RSUA, the quality of implementation of the marketing mix (Product, people, place, price, process, physical evidence, promotion), hospital development effortsda | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Deby Felnia | ||||||
Date Deposited: | 26 Oct 2016 18:17 | ||||||
Last Modified: | 26 Oct 2016 18:17 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39053 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |